Poster adalah media gambar yang memiliki sifat persuasif tinggi karena menampilkan suatupersoalan (tema) yang menimbulkan perasaan kuat terhadap khalayak. Yang terpenting dari poster adalah menyampaikan pertanyaan terhadap persoalan di atas, bukan memberikan solusi atau jawabannya. Inilah yang membuat poster berbeda dengan ilustrasi biasa. Tujuan poster adalah mendorong adanya tanggapan (respon) dari khalayak dan akan lebih baik apabila kemudian digunakan sebagai media diskusi.Kelebihan poster adalah ilustrator dapat mengembangkan dramatisasi gambar yang berseberangan, berbeda, dan menimbulkan konflik dengan pandangan khalayak. Meskipun foto dan gambar slide dapat juga digunakan dengan cara yang sama, tetapi poster lebih bisa kaya dengan kreasi. Fokus dan tema dari poster perlu diperhatikan, dan memiliki relevansi dengan khalayak agar emosinya bisa ditangkap. (1).

Permasalahan klasik yang biasa dialami pembuat poster adalah kesulitan cari inspirasi dan tidak terlalu menguasai aplikasi pengolah gambar seperti Photoshop, Illustrator atau Coreldraw. Tapi ternyata ada solusi praktis buat kamu yang mau bikin poster dengan cepat dan mudah! Ada aplikasi untuk membuat poster dengan cepat, namanya postermywall.com. Beda dengan situs pembuat poster lain yang bayar, situs ini menyediakan jasanya secara gratis!

Caranya bagaimana? Ikuti petunjuk dibawah ini :

  1.   Kunjungi http://www.postermywall.com/index.php/authenticate/showlogin, lalu klik tombol  ‘Student Login’, masukkan nama proyek “2016 PKIS”.
  2. Kunjungi http://www.postermywall.com/index.php/posterbuilder,lalu buatlah sebuah poster.
  3. Klik tombol ‘Save Draft’  untuk menyimpan poster anda

Pustaka :

1. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197706132001122-LAKSMI_DEWI/MEDIA_GRAFIS/MEDIA_GRAFIS-HSL_MHSISSWA/poster/POSTER_fix.pdf

2. https://robitheawesome.wordpress.com/2014/03/06/membuat-poster-dengan-cepat-dan-mudah/