Petunjuk mengikuti e-learning Canvas, sebagai student :
  1. Pada pertemuan pertama, anda diwajibkan untuk mengumpulkan email. Kumpulkan e-mail masing-masing mahasiswa kepada dosen mata kuliah yang menggunakan LMS Canvas dalam e-learning, dikoordinasi oleh koordinator. Format penulisan adalah Nama, NIM, Email.
  2. Pekerjaan selanjutnya adalah menunggu. Ya, anda akan menunggu undangan sebagai Student melalui email yang diberikan kepada instruktur anda. Lalu anda akan menerima notifikasi seperti pada Gambar 1 berikut ini :

Picture1 Undangan via email

Gambar 1. Tampilan ketika anda menerima undangan sebagai student pada Canvas

  1. Klik Get Started, selanjutnya anda akan dibawa langsung menuju tampilan LMS Canvas, seperti terlihat pada Gambar 2.

Picture2. Tampilan pertama

Gambar 2. Tampilan LMS Canvas, setelah anda menerima email undangan

  1. Pada panel atas terlihat tulisan “You have been invited to join ….”. Pilihlah Accept maka anda akan dibawa menuju halaman konfirmasi seperti terlihat pada Gambar 3.

Picture3. Penerimaan akun canvas

Gambar 3. Penerimaan akun dari Canvas Instructure

  1. Selanjutnya klik Create My Account.  Lalu tampil tampilan sebagai berikut : Login : masukkan alamat email ketika mendaftar ke instruktur.  Password : Buatlah password yang anda inginkan. Time Zone : Pilihlah Kuala Lumpur +8. Jangan lupa centang “I agree …”Lalu klik Register.

Picture4. Cara login di akun Canvas Instructure

Gambar 4. Cara login di akun Canvas Instructure

  1. Alhamdulillah!. Sekarang sudah muncul tampilan canvas instructure (Gambar 5). Ikutilah petunjuk dan kerjakan tugas-tugas (assignment) sesuai dengan petunjuk dari dosen pembimbing.

Picture5. Tampilan canvas instructure

Gambar 5. Tampilan e-learning by canvas instructure siap dijalankan