Statistik dan Biologi

Statistik dalam kamus bahasa Indonesia memiliki arti data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Bentuk penyajian data dalam statistik tidaklah tetap, namun beranekaragam bentuknya. Secara umum data statistik menggambarkan suatu problema kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel atau diagram. Nama tabel statistik selanjutnya akan tergantung dari masalah atau data yang dijelaskannya, misalnya tabel populasi ikan, statistik pertumbuhan penduduk, statistik produksi tempe, statistik penurunan hasil tangkapan ikan laut dan lain-lain.

Statistika merupakan cabang matematika terapan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data (fakta), penataan data, pengolahan dan analisis data, serta pembuatan kesimpulan dari data. Kesimpulan selanjutnya dijadikan rekomendasi sebagai dasar pembuatan keputusan. Oleh karena dasar berpijak dalam statistika adalah data / parameter atau fakta maka pendekatan berpikir yang paling banyak digunakan ialah pendekatan induktif (Suhandoyo, 2014).

Ilmu statistika terapan yang biasanya digunakan dalam ilmu biologi adalah biostatistika atau biometri. Biostatistika digunakan dalam biologi untuk merancang percobaan biologi, mengoleksi data, mengumpulkan data, dan menganalisis data. Penggunaan biometri sering digunakan untuk memecahkan permasalah dalam biologi dengan menerapkan metode statistika. Dari penerapan metode statistika tersebut membuat semakin majunya ilmu biologi, cabang-cabang ilmu biologi dan ilmu terapan dari biologi sendiri. Sekarang banyak cabang-cabang dari ilmu biologi menggunakan statistika, seperti taksonomi yang dulu dipandang jauh dengan penerapan statistika namun sekarang statistika juga digunakan oleh ilmu taksonomi untuk mengembangkan penemuan-penemuan klasifikasi.

Dalam mendapatkan data pada penelitian biologi biasanya menggunakan metode-metode sebagai berikut:

  1. Metode Observasi. Metode observasi juga disebut dengan metode non-eksperimen. Dalam metode ini dilakukan adanya pengukuran oleh peneliti. Hasil yang didapat dari metode ini berupa deskripsi dari variabel yang diamati sehingga metode observasi juga disebut dengan metode deskriptif.
  2. Metode Survei. Metode survei berbeda dengan metode observasi, karena metode survei hasilnya berupa laporan yang didapat dari yang diteliti merupakan hal yang diinginkan oleh peneliti. Proses laporan dapat berupa tes, wawancara maupun angket. Sehingga metode ini sering disebut dengan metode eksperimen. Jadi metode survei hanya akan digunakan jika yang diteliti adalah manusia. Oleh karena itu bahan atau material penelitian tentang manusia dinamakan subjek penelitian.
  3. Metode Eksperimen atau Percobaan. Dalam metode eksperimen terjadi adanya manipulasi pada variabel bebasnya. Sehingga metode ini menggendalikan variabel bebasnya sesuai kehendak peneliti dan keperluan penelitian. Hal ini dilakukan agar terlihat hubungan antara variabel bebas dengan variabel.

Dari metode observasi dan metode survei dapat dihasilkan berupa konsep perbandingan. Yang dibandingkan dalam hal ini adalah perbedaan nilai variabel tergayut akibat dari perbedaan nilai variabel bebas. Jika variabel bebasnya berupa variabel kuantitaif jadi disebut taraf atau level. Sedangkan variabel bebasnya berupa variabel kualitatif maka disebut dengan kategori.

Dari semua metode yang dilakukan tersebut di atas, maka akan didapatkan hasil pengamatan yang berupa data. Agar data tersebut dapat diinterpretasikan dan dipresentasikan maka harus dianilisis dan diolah oleh ilmu statistika. Namun jenis data yang dapat diolah oleh statistika berupa data kuantitatif.

Dalam mengolah data secara statistika maka peneliti memerlukan cara dengan: (1) Mencari hubungan antar satu variabel dengan variabel yang lain, (2) Mencari deskripsi suatu variabel, (3) Menentukan perbedaan respons yang diakibatkan dari perlakuan yang diberikan.

Peran statistika dalam alur pengambilan konsep biologi adalah untuk menghubungkan antara fakta dan konsep yang didapat. Sehingga statistika penting dalam penarikan konsep dengan menggunakan pendekatan induktif melalui penggunaan metode observasi atau survei atau dengan menggunakan pendekatan dedukto-verivikatif yang menggunakan metode eksperimen.

Untuk menganalisis data dengan menggunakan statistika, dapat dilakukan dengan menggunakan metode statistika deskriptif maupun statistika inferensial yang berdasarkan tujuan dari penelitian tersebut. Statistika deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan, melukiskan atau memerikan serta menganalisis keadaan suatu kelompok data tanpa diikuti oleh pembuktian hipotesis. Dalam statistika deskriptif hanya dibicarakan cara atau metode pengumpulan data, penyajian dan penyederhanaan data, sehingga informasi yang dikandung data yang bersangkutan menjadi mudah dipahami oleh masyarakat secara umum. Sedangkan Statistika inferensial
membicarakan tentang cara mengumpulkan data, menganalisis data dan selanjutnya membuat kesimpulan dari data tersebut. Termasuk dalam kawasan statistika inferensial adalah adanya pembuktian hipotesis, sehingga kesimpulan dapat disarikan.
Statistika inferensial masih dibagi menjadi dua yaitu statistika parametik atau statistika non-parametik. Jika seorang peneliti menggunakan statistika inferensiasi maka akan menggunakan persamaan matematika yang berlaku pada populasi yang diteliti. Dalam menggunakan statistika inferensial terdapat 2 kemungkinan, yaitu saat melakukan analisis data dan peneliti belum menemukan persamaan matematika yang akan digunakan. Maka peneliti tersebut justru bertujuan untuk menemukan persamaan matematika yang belum ada tersebut. Sehingga setelah peneliti menemukan persamaan matematika yang diperlukan maka akan diperoleh konsep biologi yang dicari.

Untuk menginterpretasikan model matematika yang diperolah ke dalam konsep biologi yang dicari tadi, maka memerlukan tahapan pertama dengan menemukan model yang sesuai, kemudian mencari data secara biologi yang nyata lalu dilanjutkan dengan merumuskan model. Setelah model tersebut sudah dirumuskan, lalu metode tersebut diuji agar dapat mengetahui tepat atau tidaknya metode tersebut digunakan. Lalu model yang tepat diinterpretasikan yang hasilnya nanti berupa konsep biologi. Jika sudah tersedia model matematika untuk mengolah data. Jadi peneliti hanya butuh data, kemudian dianalisis dan setelah mendapatkan akhirnya lalu diinterpretasikan. Namun permasalahannya, peneliti harus menetukan model matematika mana yang sesuai dengan yang dimaksud. Sehingga diperlukan rencana yang matang dalam menjalankan penelitian.

Metode statistika parametik merupakan metode yang memerlukan data yang kuantitatif dengan menggunakan data interval atau rasio. Rasio merepakan nilai yang dapat dibedakan, diurutkan, dan mempunyai jarak tertentu sehingga bisa dibandingkan. Biasanya statistik parametik dapat mengetahui suatu penyebaran normal atau tidak. Sedangkan statistika non-parametik merupakn metode yang memerlukan data dengan data ordinal dan nominal. Data ordinal adalah hasil pengukuran yang didapat dengan menggunakan skala ordinal. Data nominal adalah pengukuran yang menggunakan skala nominal. Statistika ini tidak mementingkan penyebaran parameter suatu populasi.

Kesimpulan :

  1. Statistika membantu dan berperan besar di dalam pengumpulan datadata atau fakta, pembuatan rumusan hipotesis-hipotesis, penyusunan rencana pembuktian hipotesis, pelaksanaan pembuktian hipotesis, analisis dan penyajian data serta interpretasi hasil.
  2. Mengingat demikian besarnya peranan statistika dalam proses penelitian, maka pemahaman tentang penerapan statistika sangat dibutuhkan.

Pustaka :

Hapsari, D.P. 2012. MAKALAH PENERAPAN STATISTIKA DALAM BIOLOGI. JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET, SURAKARTA. http://dianaph.blogspot.com/2012/03/tugasku-peranan-statistika-dalam.html.

Suhandoyo. 2014. Biometri UNTUK PENELITIAN BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Note :

Untuk peserta matrikulasi Biologi (Statistika) FMIPA ULM Semester ganjil 2018/2019 silakan klik tautan berikut ini untuk mengisi biodata dan diskusi mengenai materi Matrikulasi Biologi

30 thoughts on “Statistik dan Biologi

  1. LALUNYANGAN CAMELIA PUTRI

    Menurut saya, mengenai materi yang disampaikan sangat berbobot, cukup dimengerti bagi saya pribadi. Contoh soal yang diberikan, saya rasa sesuai dengan materi diajarkan, sehingga sangat membantu saya dalam memahami dan mengerti isi materi. Selain itu, cara penyampaian materi saya rasa baik, sesuai dengan standar proses belajar.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  2. Geofani Setiawan

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya telah membaca tulisan Bapak diblog ini, apa yang Bapak sampaikan diblog ini sudah sangat baik dan bermanfaat terutama bagi Saya pribadi yang baru masuk diperguruan tinggi. Dari blog ini Saya bisa tau apa saja metode-metode yang digunakan dalam penelitian biologi dan banyak hal lainnya. Namun masih ada hal yang belum Saya tau seperti apa itu pendekatan dedukto-verivikatif. Tetapi dari semua ini sudah sangat bermanfaat bagi Saya. Mungkin itu saja yang dapat Saya sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan yang Saya lakukan. Terima kasih.
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  3. Putri Norhikmah

    Terima kasih pak, setelah saya membaca materi ini wawasan saya menjadi bertambah dan saya juga jadi lebih mengetahui kalau statistika juga memiliki keterkaitan dengan biologi…

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  4. Anis Huzaimanor Izafera

    Assalamualaikum wr.wb
    Blog mengenai statistika dan biologi yang di buat di blog ini sangat bermanfaat bagi saya yang seorang maba. Blog ini sangat membantu menambah ilmu pengetahuan saya. Terimakasih Bapak.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  5. Auliya syifa annisa

    Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan ,semoga ilmu yang bapak berikan dapat bermanfaat bagi semua orang yang membaca tulisan bapak. Terlebih saya yang mahasiswa baru dapat menambah wawasan saya

    Suka

    Balas
  6. NAHDIA SAFITRI

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.. Subhanallah bapak sudah banyak membantu dalam blog ini untuk saya pribadi sebagai mahasiswa baru yang kurang tau apa itu statistika dan tentang2 bagian dari statistika. Dengan ini saya lebih mengetahu mengenai hal2 dalam statistika akan tetapi saya masih kurang paham dengan nama2 Ilmiah yang bapak cantumkan mungkin karena Ilmu saya masih minim mengenai hal itu.. Terima kasih bapak sudah memudahkan saya dalam meringkaskan apa itu bagian dari statistika.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  7. Rosa A. Ananda

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Setelah membaca “Statistik dan Biologi” saya menjadi tahu ilmu ilmu baru yang belum saya pahami. Tulisan bapak sangat berguna terutama untuk saya. Saya harap bapak selalu membagi ilmu dengan tulisan tulisan seperti ini. Mohon maaf bila ada kata yang menyinggung perasaan, bapak. Terima kasih.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  8. Noorsa`adah

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Setelah saya membaca materi dari bapak saya mendapat beberapa pengetahuan baru tentang statistika pada biologi dan penjelasannya sangat membantu mahasiswa baru dalam memahami matrikulasi diawal kuliah ini. Pemberian materinya sangat baik, banyak memberikan study kasus perihal materi yang di sampaikan, dan akibatnya kita bisa memahami apa yang kita pelajari. Gak ada kritik pak. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  9. LALUNYANGAN CAMELIA PUTRI

    Menurut saya, mengenai materi yang disampaikan sangat berbobot, cukup dimengerti bagi saya pribadi. Contoh soal yang diberikan, saya rasa sesuai dengan materi diajarkan, sehingga sangat membantu saya dalam memahami dan mengerti isi materi. Selain itu, cara penyampaian materi saya rasa baik, sesuai dengan standar proses belajar

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  10. Gusti Tasya Meilania

    Assalamualaikum wr.wb
    Alhamdulillah setelah membaca artikel ini saya selaku mahasiswa baru mendapatkan ilmu serta pengetahuan yang lebih mengenai konsep statistika dlm ilmu biologi, terimakasih kpd Bapak yang telah berbagi ilmu melalui artikel ini. Sekian dan terimakasih. wassalamualaikum wr.wb

    Suka

    Balas
  11. Gadys Nauli Simanjuntak

    Menurut pendapat saya tentang blog bapa mengenai statistika dan biologi ini bagi saya sgt membantu saya yang kurang mengetahui banyak tentang biologi dan statistika ini. Ditambah lagi saya mahasiswa baru, jdi blog bapa ini sangat membantu sekali. Terima Kasih Bapak.

    Suka

    Balas
  12. Rabi'unnisa Dwi Nurdila

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaruh
    Alhamdulillah pengetahuan saya mulai bertambah setelah membaca artikel ini. Dan saya sudah mulai memahami pentingnya statistika di bidang biologi. Terimakasih atas ilmu yang telah Bapak berikan.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Suka

    Balas
  13. Alfina Damayanti

    Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh
    Terima kasih pak atas ilmu yang telah diberikan melalui tulisan di blog ini sangat bermanfaat dan membantu saya dalam memahami tentang Statistika dan Biologi, terima kasih.
    Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Suka

    Balas
  14. Dini Indriani

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya terima kasih Bapak blognya sangat membantu dan Alhamdullilah mudah saya pahami, meski sedikit ada yang belum paham karena belum pamiliar dengan bahasanya. Tetapi terlepas dengan pernyataan belum paham tersebut, semua isi blog ini sangat membantu saya untuk memahami tentang statistik dan biologi, sekali lagi terima kasih. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan kata saat pengetikan atau penyampaian. Terima kasih. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Suka

    Balas
  15. Thasya Ananda Mawaddah

    Assalamualaikum wr.wb.
    Tulisan yang bapak muat di blog ini sangat bermanfaat dan sangat menambah wawasan pengetahuan khususnya untuk saya pribadi. Menurut saya, cara penyampaian tulisan nya mudah untuk dipahami. Sekian dari saya, wassalamualaikum wr.wb.

    Suka

    Balas
  16. Rizka Indriyani Pratiwi

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    alhamdulillah apa yang bapak sampaikan di blog ini sangat mudah dipahami dan sangat bermanfaat terutama bagi saya yang baru masuk diperguruan tinggi,.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

    Suka

    Balas
  17. Syifa Urrahmah

    Blog mengenai peranan statistika dalam biologi yang dibuat ini sangat bermanfaat bagi saya dan dapat menambah ilmu pengetahuan saya tentang statistika. Terimakasih Bapak

    Suka

    Balas
  18. Rania Salsabilla

    Assalammu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
    Saya sudah membaca blog tulisan bapak. Salah satunya adalah Statistik dan Biologi, disana saya menemukan banyak ilmu baru yang sesuai dengan bidang saya yaitu statistika. Ternyata disitu dijelaskan bahwa statistika tidak bisa tanpa ada biologi dan sebaliknya biologi juga tidak dapat jika tidak ada statistika. Mereka adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena saling terhubung, terikat dan memerlukan satu sama lainnya. Di blog bapak tersebut saya menemukan banyak informasi atau referensi baru lainnya yang belum saya ketahui. Semoga kedepannya semakin banyak informasi yang bisa saya dapatkan di blog bapak ini. Mohon maaf jika ada kata- kata yang salah, terimakasih.
    Wassalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

    Suka

    Balas
  19. KETHY VALENTINA PERMATASARI

    Terimakasih banyak bapak atas materi yang bapak berikan kepada para mahasiswa baru melalui artikel bermanfaat ini. Saya telah membaca dan dapat memahami dengan jelas artikel ini karena isi dari artikel ini sangat jelas, ringkas dan sangat mudah di pahami oleh para pembaca nya, dan juga materi yang diberikan merupakan materi-materi yang penting untuk lebih mempelajari statistika dan juga ilmu biologi seperti adanya metode-metode yang sebelumnya belum pernah saya pelajari. Dan saya sekarang lebih mengetahui dan lebih mendapat banyak wawasan tentang statistika dan ilmu biologi.

    Suka

    Balas
  20. Sri Elina H Y

    Assalamualaikum wr wb. Saya pribadi ingin berterima kasih sebelumnya kepada bapa yang meluangkan waktunya untuk membuat blog dan membaca komentar kami disini. Menurut saya,penjelasan bapa tentang biostatistika dapat saya mengerti dan saya pahami dengan baik,saya sebagai mahasiswi baru merasa terbantu dengan adanya blog penjelasan ini. Sekian dari saya terima kasih
    wassalamualaikum wr.wb

    Suka

    Balas
  21. IRMA

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Terima kasih kepada Bapak yang telah berbagi ilmu melalui artikel ini. Dengan pembelajaran yang bapak berikan dapat membantu saya untuk dapat memahami tentang statistika dan biologi, dan dengan metode-metode apa saja yang digunakan dalam penelitian biologi.

    Suka

    Balas
  22. Aria Muhammad Isra Putra Perdana Marpaung

    Assalamualaikum wr wb.
    Menurut saya, materi statistika dan biologi yang bapak berikan sangat bermanfaat, mudah untuk dipahami dan menambah pengetahuan saya sebagai mahasiswa baru tentang statistika di bidang biologi. Terimakasih.
    wassalamualaikum wr.wb

    Suka

    Balas
  23. Anisa Rahma Utami

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut saya, materi yang ditulis sangat membantu memahami hubungan antara Statistika dan Biologi secara terperinci. Materinya sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa baru untuk memperdalam ilmu kajian kami dan menambah wawasan tentang statistika yang tidak hanya terfokus pada satu bidang, tetapi bidang lainnya seperti biologi. Terima kasih atas materi dan ilmu yang sudah dibagikan kepada kami. Semoga ilmu ini dapat menjadi faidah bagi khalayak dan ladang ilmu serta pahala bagi kita semua.

    Suka

    Balas
  24. Muhammad Rajibrullah

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Terima kasih kepada Bapak yang telah membuat artikel ini.Setelah saya membaca artikel ini wawasan saya menjadi bertambah.

    Suka

    Balas
  25. Hafidz Anshary

    Terimakasih atas ilmu yang telah bapak berikan, dengan tulisan tersebut saya mendapat wawasan yang lebih luas terhadap hubungan biologi dengan statistika.

    Suka

    Balas
  26. Ping balik: Statistik dan Biologi — Ekologi Rekayasa – Beranda

  27. Hidayat Ramadhan

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Menurut saya artikel bapak sangat membantu terutama bagi saya sendiri dan teman-teman yang memilih jurusan mata kuliah statistika dan biologi. Karena bagi saya kata-kata yang ada di artikel sangat mudahan dipahami, sehingga kita menjadi tau apa hubungannya statistika dengan biologi yang disebut biostatistika atau biometri dan juga kita mengetahui manfaatnya. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.