Catatan Kuliah Biologi Umum – Diversitas


Sebagaimana diketahui, keanekaragaman hayati (biodiversitas) merupakan karunia yang sangat besar bagi manusia, supaya manusia bisa menunaikan kewajibannya beribadah hanya kepada Allah semata dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun. Keanekaragaman hewan tumbuhan, mikroba dan manusia menciptakan kondisi dinamis dan serasi antara individu dengan lingkungan sekitar. Seperti contohnya adalah pembagian klasifikasi tumbuhan yang dimulai dari phylum, ordo, famili, genius dan spesies sedangkan bagi hewan meliputi :kingdom, ordo, famili, genius dan spesies.

Diturunkannya diversitas (keanekaragaman) oleh Allah subhanahuwata’ala ternyata akan banyak sekali menghasilkan manfaat yang bisa digunakan manusia diantaranya adalah akan menyebabkan manusia menjadi pintar karena mereka akan bisa menentukan perkara yang baik dan perkara yang buruk. Tentunya karunia terbesar bagi manusia adalah diturunkannya ilmu untuk memelajari diversitas yakni Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad shallallahualaihi wasallam.  Manfaat lain keanekaragaman adalah akan menciptakan begitu banyak kreativitas karena perbedaan selera dan kebutuhan manusia yang begitu banyak terhadap kehadiran ilmu, sandang, pangan, papan, serat, pupuk dan lainnya.

Perkara lain yang penting untuk difahami dalam diversitas adalah mengenai struktur dan fungsi.  Diversitas dalam bentuk lain berkaitan erat dengan struktur yang dimiliki oleh organisme, populasi, komunitas dan juga ekosistem.  Struktur merupakan istilah yang diberikan untuk mengambarkan aturan penyusunan suatu benda baik secara horizontal maupun vertikal yang disesuaikan dengan bentuk dan fungsi yang dimiliki benda dimaksud. Keanekaragaman struktur benda selain dipengaruhi oleh faktor internal juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti letak geografis dan kondisi iklim.

Manfaat keanekaragaman
1.Menentukan pilihan
2. untuk menentukan kriteria baik dan jelek
3. supaya saling mengenal satu sama lain
4. Mengakui keagungan zat yang maha kuasa
5.agar dapat mengingatkan kehidupan akhirat kelak
6.agar dapat saling memberi

fotosintetis: CO2 + 6 H20 + klorofil + cahaya->(CH20)6+ H2O

Apa yang dilakukan oleh seorang ahli statistik : kumpul data-> pilih pilih data -> kelompok data-> analisis data-> tafsiran data.

Hal- hal yang harus dilahkukan seorang ahli statistik dalam rangka menjalankan tugasnya?
1. Tujuan/niat
2. ilmu (dicatat, berkomunikasi, berinterakasi)
3. mengamalkan, menerapkan
4. Sabar

Bagaimana cara mengetahui keanekaragaman? : mengetahui perbedaan (agar bisa melahkukan proses selanjutnya memilah dan memilih) -> Mengapa dalam mengukur keanekaragaman harus diukur sebuah indeks? Agar data dapat diamati bersama-sama, data tidak bias, dan tidak menimbulkan penafsiran berbeda (jika terus berbeda akan menimbulkan kontradiksi dan perpecahan)

Indeks keanekaragaman  adalah nilai untuk mengukur kekayaan /  kesamaan (kelimpahan) jenis yang beragam digunakan untuk menyatakan hubungan kelimpahan spesies dalam komunitas

 Keanekaragaman spesies terdiri dari 2 komponen;
• Jumlah species dalam komunitas yang sering disebut kekayaan species
• Kesamaan species. Kesamaan menunjukkan bagaimana kelimpahan
species itu (yaitu jumlah individu, biomass, penutup tanah, dan
sebagainya) tersebar antara banyak species itu.

Indeks untuk mengukur keanekaragaman dan kelimpahan spesies:
1.Indeks Simpson
2. Indeks Shanon – Wiener / Weaver
3. Indeks Brillioun

Indeks untuk mengukur kekayaan spesies:
1. Indeks Dominansi
2. Indeks meinhinicks
3. Indeks similaritas margalef
4.Indeks Hulbert

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.