Buat kamu yang penasaran cara pembatalan tiket kereta & cara refund tiket, simak langkah-langkah berikut.

1. Mendatangi Stasiun Kereta

Kamu harus mendatangi stasiun pembatalan tiket kereta api.

Sobat tiket pastinya udah tahu dong kalau beli tiket kereta api online memang bisa di mana saja. Tentu saja, salah satu cara termudah untuk pesan tiket kereta api online adalah melaui online travel agent (OTA) yang terpercaya seperti tiket.com.

Meskipun demikian, Sobat Tiket perlu tahu bahwa setiap proses pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api, semuanya hanya bisa dilakukan secara langsung lewat PT KAI.

Artinya, kamu harus mendatangi langsung stasiun untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api atau refund. Beberapa syarat pembatalan tiket kereta api yang perlu kamu siapkan sebelum datang ke stasiun pembatalan tiket adalah booking ID, identitas asli, dan fotokopi identitas tersebut.

Ingat ya, Sobat Tiket. Pihak yang harus mengurus cara membatalkan tiket kereta api adalah pemilik tiket sendiri. Kalau kamu kebetulan nggak bisa datang ke stasiun karena suatu sebab, kamu bisa meminta tolong teman atau saudaramu yang terpercaya buat mengurusnya. Jangan lupa, sertakan surat kuasa pembatalan tiket kereta api yang bertanda tangan di atas materai.

Perlu kamu catat lagi, nggak semua stasiun melayani pengajuan pembatalan tiket kereta api. Berikut ini adalah daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api, yaitu:

DAOP 1 Jakarta: Stasiun Jakartakota, Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Serang, Stasiun Rangkasbitung.

DAOP 2 Bandung: Stasiun Bandung, Stasiun Purwakarta, Stasiun Banjar, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Kiaracondong.

DAOP 3 Cirebon: Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Jatibarang.

DAOP 4 Semarang: Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Semarangponcol. Stasiun Semarangtawang, Stasiun Bojonegoro.

DAOP 5 Purwokerto: Stasiun Purwokerto, Stasiun Cilacap, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo.

DAOP 6 Yogyakarta: Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu), Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan.

DAOP 7 Madiun: Stasiun Madiun, Stasun Kediri, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono.

DAOP 8 Surabaya: Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Blitar.

DAOP 9 Jember: Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, Stasiun Pasuruan, Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Kalibaru, Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, dan Stasiun Pasuruan.

DIVRE I Sumatera Utara: Stasiun Medan, Stasiun Tebingtinggi, Stasiun Siantar, Stasiun Tanjung Balai, Stasiun Kisaran Ranntauprapat.

DIVRE II Sumatera Barat: Stasiun Padang

DIVRE III Sumatera Selatan: Stasiun Prabumulih, Stasiun Kertapati, Stasiun Lubuklinggau, Stasiun Baturaja, Stasiun Tanjungkarang, dan Stasiun Kotabumi.

2. Lengkapi Data Penumpang

Lengkapi data penumpang yang diberikan oleh Customer Service.

Ini adalah langkah ke-2 dalam cara pembatalan tiket kereta api. Setelah sampai ke stasiun pembatalan tiket kereta api, kamu harus bertanya dulu pada Customer Service yang tersedia di stasiun pembatalan tiket kereta api tersebut, karena nggak semua loket di stasiun melayani pembatalan tiket.

Nantinya, oleh Customer Service kamu akan diberikan formulir pembatalan tiket kereta api & diarahkan ke loket khusus untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api. Jadi, jangan malu buat bertanya dulu pada Customer Service di stasiun pembatalan tiket kereta api agar syarat pembatalan tiket kereta apimu lengkap.

Lengkapi data penumpang dengan mengisi formulir pembatalan tiket kereta api. Formulir pembatalan tiket kereta api ini terdiri dari dua rangkap formulir, yang satu adalah data tiket, sedangkan yang rangkap satunya adalah data penumpang. Formulir ini adalah syarat pembatalan tiket kereta api yang harus kamu isi secara lengkap, Sobat Tiket. Kalau kamu masih bingung dengan cara pembatalan tiket kereta api step ke-2 ini, kamu bisa bertanya langsung pada Customer Service di stasiun. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan cara pembatalan tiket kereta api tahap ke-2 ini padamu.

3. Mendatangi Loket untuk Refund

Datangi loket di stasiun dan sampaikan bahwa kamu ingin mengajukan refund.

Nah, kamu harus memerhatikan cara refund tiket kereta. Bener kan, kalau melakukan pembatalan, tentu kamu juga menginginkan untuk mendapatkan refund. Cara refund tiket kereta api adalah dengan mendatangi loket stasiun yang diinformasikan oleh Customer Service di tahap cara pembatalan tiket kereta api yang ke-2, Sobat Tiket.

Kamu akan diberi pilihan untuk memilih cara refund tiket kereta menggunakan metode transfer bank atau tunai. Refund ini akan diberikan padamu setelah 30×24 jam sejak pengurusan pembatalan tiket, dengan cara kamu membawa formulir yang telah divalidasi dan membawa bukti identitasmu. Ingat ya, Sobat Tiket, kalau formulir pembatalan tiket kereta apimu hilang saat mengambil refund, kamu harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

4. Terima Refund

Setelah semuanya beres, kamu bisa menerima refund.

Ini cara pembatalan tiket kereta api yang terakhir dan pastinya kamu tunggu-tunggu. Benar kan?

Setelah 30×24 jam, saatnya kamu buat menerima refund tiket kereta api yang kamu kembalikan.

Perlu kamu catat, nih. Sama seperti saat kamu memesan tiket pesawat, saat melakukan pengajuan refund karena pembatalan tiket kereta api, jumlah refundyang kamu dapatkan pastinya tidak full100% kembali. Nilai refund ditentukan sesuai dengan waktu pengajuan pembatalan tiket kereta api yang kamu ajukan. Biasanya, kamu akan mendapatkan pengembalian atau refundsebesar 75%.

Nah, jika kalian bertanya kapan paling lambat mengajukan permohonan pembatalan tiket kereta apa, jawabannya adalah 30 menit. Betul, untuk melakukan pembatalan tiket kereta yang kamu pesan, harus dilakukan paling lambat 30 menit sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk perjalanan keretamu. Kalau kamu melakukan pembatalan lebih lambat dari itu, maka tiket yang kamu pesan akan dinyatakan hangus.

Tulisan ini diambil sepenuhnya dari situs https://blog.tiket.com/pembatalan-tiket-kereta-api/