Apa yang dimaksud dengan aplikasi (application)? Dalam ilmu komputer, pengertian aplikasi adalah suatu perangkat lunak (software) atau program komputer yang beroperasi pada sistem tertentu yang diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan perintah tertentu.

Istilah aplikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris “application” yang dapat diartikan sebagai penerapan atau penggunaan. Secara harfiah, aplikasi merupakan suatu penerapan perangkat lunak atau software yang dikembangkan untuk tujuan melakukan tugas-tugas tertentu.

Dalam pengembangannya, aplikasi dapat dikategorikan dalam tiga kelompok, diantaranya;

  • Aplikasi desktop, yaitu aplikasi yang hanya dijalankan di perangkat PC komputer atau laptop.
  • Aplikasi Web, yaitu aplikasi yang dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet.
  • Aplikasi mobile, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile di mana untuk kategori ini penggunaannya sudah banyak sekali.

Umumnya suatu aplikasi dapat berjalan di berbagai perangkat yang dioperasikan oleh operating system (OS) yang ada di perangkat tersebut. Adapun beberapa kriteria yang menandakan suatu aplikasi berkualitas dan bermanfaat bagi penggunanya;

  • Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan user.
  • Aplikasi dapat berjalan di multi-platform.
  • Aplikasi dapat merespon instruksi dengan cepat serta membutuhkan resource (processor, memory, storage) yang rendah.

Fungsi Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam pengertian aplikasi bahwa suatu aplikasi memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi manusia di berbagai bidang kehidupan. Adapun beberapa fungsi aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan aplikasi memiliki fungsi sebagai bahan pengajaran. Misalnya sebuah aplikasi yang berguna untuk penyajian materi yang dilengkapi animasi-animasi agar lebih menarik seperti Microsoft PowerPoint. Sehingga suasana pengajaran menjadi lebih nyaman dan dapat mencapai hasil yang lebih maksimal.

2. Bidang Kedokteran

Peran aplikasi juga mencapai ke bidang kedokteran. Misalnya saja dengan adanya aplikasi maka dapat membantu dokter untuk mendiagnosa penyakit, meracik obat serta menawarkan perawatan rutin. Saat ini telah banyak dikembangkan aplikasi yang berkaitan dalam dunia medis.

3. Bidang Bisnis

Dalam bidang bisnis, aplikasi memiliki fungsi untuk membantu menghitung besarnya keuntungan yang diperoleh. Karena dalam beberapa hal apabila dilakukan secara manual tentunya akan membutuhkan waktu yang lama sehingga dibutuhkan suatu aplikasi.

4. Bidang Ilmu Pengetahuan

Dalam bidang ilmu pengetahuan aplikasi membantu untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengetahuan. Banyak aplikasi yang dikembangkan juga membantu dalam penelitian tertentu terkait ilmu pengetahuan.

Selain itu, baru baru ini juga ada aplikasi yang dapat mempertemukan antara siswa yang ingin berkonsultasi kepada pengajar atau guru atau ahlinya.

5. Bidang Militer

Ternyata aplikasi juga memiliki fungsi di bidang militer. Fungsi aplikasi di bidang militer bertujuan untuk melakukan pengontrolan pesawat sehingga tidak lagi dilakukan secara manual. Dengan demikian hasil yang diperoleh pun akan menjadi lebih optimal daripada menggunakan cara manual.

Klasifikasi Aplikasi

Untuk memudahkan dalam mengenal jenis-jenis aplikasi, maka aplikasi dapat dikelompokkan menjadi tujuh macam. Adapun pengelompokkan aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. System Software, yaitu aplikasi yang dapat menglola dan mengendalikan proses operasi internal di dalam sistem komputer.
  2. Real Time Software, yaitu aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengamati, menganalisa, serta mengendalikan suatu kejadian di dunia nyata saat sedang berlangsung.
  3. Business Software, yaitu aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk keperluan bisnis, misalnya untuk mengatur sistem keuangan.
  4. Engineering and Scientific Software, yaitu aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk membantu manusia menyelesaikan suatu masalah yang sifatnya non algoritmik.
  5. Web Based Software, yaitu aplikasi yang memiliki fungsi sebagai media penghubung antara pengguna dengan internet secara langsung.
  6. Personal Computer Software, yaitu aplikasi yang digunakan untuk perangkat pengguna resmi dan juga pribadi yang sudah banyak digunakan saat ini.

Contoh Aplikasi

Ada banyak sekali aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna perangkat komputer dan mobile dalam kegiatannya sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi yang banyak digunakan:

  1. Microsoft Word, yaitu aplikasi untuk membuat, mengedit, membaca, dan mengolah dokumen.
  2. Microsoft Excel, yaitu aplikasi untuk membantu mengolah angka dan membuat tabel perhitungan.
  3. Microsoft Powerpoint, yaitu aplikasi yang untuk membuat dan menampilkan data yang sifatnya presentatif.
  4. Adobe Photoshop, Corel Draw, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengolah file gambar.
  5. Winamp, GOM Player, Windows Media Player, yaitu aplikasi yang digunakan untuk memutar lagu atau video dengan berbagai format.
  6. Adobe Reader, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk membaca dokumen dengan ekstensi .doc, .docx, dan .pdf.
  7. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, yaitu aplikasi web browser yang berfungsi untuk membantu pengguna komputer menjelajahi internet.

Pustaka :

Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi

Adapun beberapa contoh Program aplikasi, misalnya seperti:

1. Pengolahan Kata

Merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan kata, umumnya orang-orang menggunakannya untuk melakukan penulisan kata. Contohnya yaitu Microsoft Word, Word Star, OpenOffice Writer, WordPerfect, dan Star Office Writer.

2. Pengolahan Angka

Merupakan aplikasi yang dapat di gunakan untuk melakukan pengolahan angka seperti perhitungan. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan pengurangan, pertambahan, perkalian, pembagian, atau dapat melakukan perhitungan dan menemukan jawaban perhitungan tersebut dengan mudah. Contohnya yaitu Microsoft Excel.

3. Program Multimedia

Merupakan program yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan beberapa media informasi misalnya seperti teks, gambar, video, audio, grafik dan sebagainya. Saat ini banyak sekali aplikasi multimedia mulai dari banyak sekedar untuk melihat gambar, video dan mendengarkan audio sampai yang dapat mengedit atau membuatnya. Contohnya seperti Windows Movie Marker dan Adobe Flash Player.

C. Jenis-Jenis Aplikasi

Berikut jenis program aplikasi yang saat ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya seperti:

1. Aplikasi Pengolah Kata

Yaitu aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengolahan kata atau naskah. Contohnya seperti Microsoft Word, Microsoft Word, Word Star, Open Office Writer, Lotus Ami Pro, WordPerfect, dan sebagainya.

2. Aplikasi Speadsheet

Yaitu program aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah data, khusunsya angka dalam bentuk kolom. Contohnya seperti Microsoft Excell, Lotus Improv, OpenOffice Calc, StarOffice Calc, Gnumeric, dan sebagainya.

3. Aplikasi Multimedia

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan beberapa media informasi misalnya seperti teks, gambar,video,audio, grafik dan sebagainya. Saat ini banyak sekali aplikasi multimedia mulai dari hanya sekedar untuk melihat gambar, video dan mendengarkan audio sampai yang dapat mengedit atau membuatnya. Contohnya seperti Adobe Flash Player, PowerDVD, Windows Movie Marker, ACDsee, DirectX, dan sebagainya.

4. Aplikasi Presentasi

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan presentasi, misalnya seperti menampilkan materi dalam bentuk silide show. Contohnya seperti Microsoft Power Point, OpenOffice Impress, Silideshark,  dan sebagainya.

5. Aplikasi DBMS (Database Management System)

Yaitu aplikasi yang dapat menyimpan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi. Program aplikasi Database Management System (DBMS) ada yang gratis sampai yang berbayar. Contohnya seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, SQL Server, Foxpro, dan sebagainya.

6. Aplikasi Graphics

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat desain grafis, atau untuk mengolah data berbentuk gambar (membuat dan mengubah dambar). Saat ini terdapat dua macam grafis yaitu grafis dalam bentuk vektor dan bitmap. Contohnya seperti: Adobe Illustrator, Adobe photoshop, Corel Draw, dan sebagainya.

7. Aplikasi Akuntasi

Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu hal-hal yang berkaitan dengan keuangan atau akuntansi. Contohnya seperti: MYOB, DacEasy Accounting, Pacioli 2000, Omega Accounting, Easy Accounting System, PeachTree Accounting, dan sebagainya.

8. Aplikasi Statistik

Yaitu aplikasi yang dapat di gunakan untuk membantu dalam melakukan penelitian, yang dimana penelitian tersebut ada kaitannya dengan statistik. Contohnya seperti: SAS, Regressit, SPSS, Slsat, SOFA, Statisca, dan sebagainya.

9. Aplikasi Desktop Publishing

Yaitu aplikasi yang dapat mengatur tata letak cetak pada naskah, sehingga naskah tersebut siap untuk di cetak. Contohnya seperti Adobe InDesign, Corel Ventura, iStudio Publisher, Page Maker, dan sebagainya.

10. Aplikasi Communication

Yaitu aplikasi yang dapat dgunakan untuk melakukan komunikasi dengan pemakai komputer atau gadget lain. Contohnya seperti: DataFax, Carbon Copy, CrossTalk, dan sebagainya.

Masih banyak lagi jenis aplikasi lainnya sepeti aplikasi game: emulator game atau berbagai macam game lainnya. Ada juga aplikasi internet browser gunanya yaitu memudahkan untuk mencari informasi di internet, contohnya seperti Mozilla Firefox, Google chrome, Opera, Safari, dan sebagainya

Pustaka

http://www.pengertianku.net/2017/07/pengertian-aplikasi-dan-contohnya-serta-beberapa-jenisnya.html