Makalah berjudul : Kajian aplikasi konservasi biodiversitas berbasis web untuk mengurangi risiko pencemaran logam berat pada ekosistem mangrove” telah disampaikan pada Seminar Nasional FT TL ULM Tahun 2019 Seminar Nasional Teknik Lingkungan V 2019 ” Strategi Pengelolaan Lingkungan Berbasis Green Jobs Untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia” yang dilaksanakan pada : Sabtu, 12 Oktober 2019 di Gedung BP. PAUD & DIKMAS KAL-SEL (http://himateklink.ulm.ac.id/semnastl2019/).

Berikut ini adalah abstrak hasil penelitiannya, sebagai salahsatu bentuk luaran kegiatan penelitian PDUPT berjudul : Aplikasi Perencanaan Konservasi Biodiversitas Timpakul (Periopthalmodon Sp.) dan Moluska Pada Ekosistem Mangrove Terhadap Pencemaran Logam Berat yang didanai oleh Kemenristek DIkti Tahun 2019.

KAJIAN APLIKASI KONSERVASI BIODIVERSITAS BERBASIS WEB UNTUK
MENGURANGI RISIKO PENCEMARAN LOGAM BERAT PADA EKOSISTEM
MANGROVE


Anang Kadarsah*1 dan Naufal Rifki Devandi2


1Program Studi Biologi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat Jl A Yani Km 35,8 Banjarbaru Kalimantan Selatan 70714
2Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lambung Mangkurat Jl A Yani Km 35,8 Banjarbaru Kalimantan Selatan 70714
*
Email : anangkadarsah@ulm.ac.id


Abstrak

Penelitian ini bertujuan memelajari aspek-aspek teknis terkait pembuatan website mengenai aplikasi perencanaan konservasi biodiversitas dan pencemaran logam berat pada ekosistem mangrove. Penelitian ini dilaksanakan sejak Juli sampai dengan September 2019. Tempat pengambilan data berasal dari empat mesin pencari terpopuler (Google, Yahoo, Bing dan Scholar) menggunakan lima kata kunci, meliputi : konservasi, biodiversitas, pencemaran, dan mangrove. Penilaian judul, desain dan konten aplikasi berbasis web berdasarkan survei terhadap mahasiswa menggunakan lembar elektronik (google form). Analisis kuantitatif meliputi perbandingan jumlah situs yang membahas konservasi biodiversitas dan pencemaran pada ekosistem mangrove, nama domain dan harga hosting untuk pembuatan situs serta penilaian desain visual dan konten aplikasi berbasis web. Hasil penelitian menunjukan dari sekitar 42.700 hasil yang ditampilkan google,com, namun hanya 10 situs (2,3 situs per 10.000) yang terdeteksi paling relevan dengan pencarian. Dari tiga penyedia jasa hosting dan domain terlaris di Indonesia, maka idwebhost menyediakan jasa yang paling relevan antara harga dan fasilitas yang ditawarkan. Untuk memahami website saat pertama kali mengaksesnya sebanyak 64,3% responden menyatakan tidak terlalu sulit. Terkait desain web http;//aplikasimangrove.com, maka 71,4% responden menyatakan cukup baik. Sedangkan untuk konten maka 78,6% responden menyarankan menampilkan informasi mangrove secara umum, dan sisanya (21,4%) menyatakan perlu informasi secara spesifik.

Kata kunci : aplikasi, konservasi, biodiversitas, pencemaran, mangrove

Jika anda membutuhkan makalah lengkapnya, silakan unduh pada tautan ini..