Ada kalanya kita harus berdiam diri di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama. Misalnya karena pemulihan pasca-sakit atau wabah pandemik yang menyebabkan diwajibkannya kamu tinggal di rumah, keadaan perang, kekacauan dan karena hal lain yang mengharuskan kamu untuk tinggal di rumah selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu (Hastuti, 2020)..

Salah satu masalah yang mungkin muncul ketika harus berdiam di rumah adalah timbulnya rasa bosan. Jika masalah ini tidak dikelola dengan baik, bisa bisa menjurus kepada hal yang merusak kesehatan mental. Untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat (Hastuti, 2020).

  1. Membaca, menghafal, dan mentadabburi Al – Quran. Menghafal Al-Qur’an merupakan harta simpanan yang sangat berharga yang diperebutkan oleh oleh orang yang bersungguh-sungguh. Hal ini karena Al-Qur’an adalah kalam Allah yang bisa menjadi syafa’at bagi pembacanya kelak dihari kiamat. Menghafal Al-Qur’an bagi ummat Islam adalah sangat penting karena mereka akan memperoleh banyak keutamaan-keutamaannya, misalnya : bertambahnya pahala kebaikan, Mencerminkan Seseorang yang Memiliki Ilmu, Memberikan Derajat dan Wibawa yang Lebih Baik, Mendapat Perlindungan dan Rahmat Allah, dan menjadi Menjadi Syafa’at (Penolong) bagi para Pembacanya ( https://manfaat.co.id/manfaat-menghafal-al-quran).
  2. Membuat rencana kegiatan. Perencananan sangatlah penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari dari mulai kerja, kuliah, maupun kegiatan lain. Sebelum kita melakukan suatu kegiatan harus sudah mempunyai perecanaan yang baik, agar memperoleh hasil yang memuaskan. Dalam manajemen , perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen. Karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan (https://brainly.co.id/tugas/3828145#readmore). Tidak adanya perencanaan yang matang dalam dirinya untuk kegiaatan yang akan dilakukan akan menyebabkan terjadi kegagalan baik gagal dalam percintaan, rumah tangga, bisnis, dan bahkan kegiatan (https://www.kompasiana.com/siolip_newbie/5519d962813311a97b9de0f8/pentingnya-sebuah-perencanaan-sebelum-kegiatan) seperti diam di rumah saja.
  3. Menjalin komunikasi dengan keluarga dan teman. Jika semua anggota keluarga ada di rumah, ada baiknya memanfaatkan waktu luang dengan berbagi cerita bersama mereka. Aktivitas seperti ini dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga, terutama jika kamu merupakan orang yang jarang bertemu dengan mereka (https://www.tokopedia.com/blog/cara-menghilangkan-bosan-di-rumah-hbl/).
  4. Mengerjakan hobi. Jika Anda melakukan suatu pekerjaan yang Anda sukai (hobi) dan didasari dengan hati, maka pekerjaan yang sebenarnya berat untuk dilakukan akan terasa ringan dengan sendirinya. Itu semua bisa terjadi karena Anda melakukannya tanpa harus terbebani dengan hal-hal yang tidak diduga nantinya. Anda mungkin lebih memahami bagaimana caranya membuat hobi yang Anda miliki menjadi lebih menyenangkan jika dilihat dari segi dalam mengaplikasikannya dan juga menjalaninya. Karena hal itulah kenapa Anda sangat disarankan untuk bisa mengubah hobi dan kesenangan yang Anda miliki, menjadi peluang bisnis baru yang menjanjikan baik itu dari segi pengeluaran dan pendapatannya (https://www.cermati.com/artikel/6-cara-mengubah-hobi-menjadi-peluang-bisnis).
  5. Membuat rencana dan cita-cita ke depan. Selagi memliki waktu luang atau liburan, kamu bisa merencanakan apa saja hal-hal yang ingin kamu capai atau lakukan di masa depan. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki goals dan tidak memiliki kehidupan yang monoton ketika kembali ke rutinitas (https://www.tokopedia.com/blog/cara-menghilangkan-bosan-di-rumah-hbl/). Ingat sebagai seorang muslim anda harus memiliki cita-cita dan harapan yakni kebahagiaan dunia dan akhirat. juga takut jika amal ibadah kita tidak diterima Allah Subhanahuwata`ala. dengan demikian kita akan sungguh2 beribadah. Tujuan hidup seorang muslim untuk senantiasa mencari ridha Allah agar masuk ke surga-Nya. Inilah cita-cita terbesar yang terus diusahakan. Sehingga ia akan senantiasa bersungguh-sungguh mengusahakan sebab meraih cita-cita yang mulia ini. Seorang muslim diperintakan untuk senantiasa bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Kemudian diperintahkan untuk menghitung-hitung perbuatan diri sendiri sebelum kelak dimintai pertanggungjawaban di akhirat (https://www.voa-islam.com/read/aqidah/2018/11/16/60965/apa-yang-sudah-kau-siapkan-untuk-masuk-surga/).

Pustaka

Hastuti, R.H. 2020. Mulai Bosan #DiRumahAja? Ikuti 4 Tips & Trik Ringan Berikut. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200329203107-33-148303/mulai-bosan-dirumahaja-ikuti-4-tips-trik-ringan-berikut. Diakses tanggal 22 April 2020.