Tips efektif menghadapi kebosanan ketika bekerja dari rumah saja

Ada kalanya kita harus berdiam diri di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama. Misalnya karena pemulihan pasca-sakit atau wabah pandemik yang menyebabkan diwajibkannya kamu tinggal di rumah, keadaan perang, kekacauan dan karena hal lain yang mengharuskan kamu untuk tinggal di rumah selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu (Hastuti, 2020)..

Salah satu masalah yang mungkin muncul ketika harus berdiam di rumah adalah timbulnya rasa bosan. Jika masalah ini tidak dikelola dengan baik, bisa bisa menjurus kepada hal yang merusak kesehatan mental. Untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat (Hastuti, 2020).

  1. Membaca, menghafal, dan mentadabburi Al – Quran. Menghafal Al-Qur’an merupakan harta simpanan yang sangat berharga yang diperebutkan oleh oleh orang yang bersungguh-sungguh. Hal ini karena Al-Qur’an adalah kalam Allah yang bisa menjadi syafa’at bagi pembacanya kelak dihari kiamat. Menghafal Al-Qur’an bagi ummat Islam adalah sangat penting karena mereka akan memperoleh banyak keutamaan-keutamaannya, misalnya : bertambahnya pahala kebaikan, Mencerminkan Seseorang yang Memiliki Ilmu, Memberikan Derajat dan Wibawa yang Lebih Baik, Mendapat Perlindungan dan Rahmat Allah, dan menjadi Menjadi Syafa’at (Penolong) bagi para Pembacanya ( https://manfaat.co.id/manfaat-menghafal-al-quran).
  2. Membuat rencana kegiatan. Perencananan sangatlah penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari dari mulai kerja, kuliah, maupun kegiatan lain. Sebelum kita melakukan suatu kegiatan harus sudah mempunyai perecanaan yang baik, agar memperoleh hasil yang memuaskan. Dalam manajemen , perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen. Karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan (https://brainly.co.id/tugas/3828145#readmore). Tidak adanya perencanaan yang matang dalam dirinya untuk kegiaatan yang akan dilakukan akan menyebabkan terjadi kegagalan baik gagal dalam percintaan, rumah tangga, bisnis, dan bahkan kegiatan (https://www.kompasiana.com/siolip_newbie/5519d962813311a97b9de0f8/pentingnya-sebuah-perencanaan-sebelum-kegiatan) seperti diam di rumah saja.
  3. Menjalin komunikasi dengan keluarga dan teman. Jika semua anggota keluarga ada di rumah, ada baiknya memanfaatkan waktu luang dengan berbagi cerita bersama mereka. Aktivitas seperti ini dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga, terutama jika kamu merupakan orang yang jarang bertemu dengan mereka (https://www.tokopedia.com/blog/cara-menghilangkan-bosan-di-rumah-hbl/).
  4. Mengerjakan hobi. Jika Anda melakukan suatu pekerjaan yang Anda sukai (hobi) dan didasari dengan hati, maka pekerjaan yang sebenarnya berat untuk dilakukan akan terasa ringan dengan sendirinya. Itu semua bisa terjadi karena Anda melakukannya tanpa harus terbebani dengan hal-hal yang tidak diduga nantinya. Anda mungkin lebih memahami bagaimana caranya membuat hobi yang Anda miliki menjadi lebih menyenangkan jika dilihat dari segi dalam mengaplikasikannya dan juga menjalaninya. Karena hal itulah kenapa Anda sangat disarankan untuk bisa mengubah hobi dan kesenangan yang Anda miliki, menjadi peluang bisnis baru yang menjanjikan baik itu dari segi pengeluaran dan pendapatannya (https://www.cermati.com/artikel/6-cara-mengubah-hobi-menjadi-peluang-bisnis).
  5. Membuat rencana dan cita-cita ke depan. Selagi memliki waktu luang atau liburan, kamu bisa merencanakan apa saja hal-hal yang ingin kamu capai atau lakukan di masa depan. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki goals dan tidak memiliki kehidupan yang monoton ketika kembali ke rutinitas (https://www.tokopedia.com/blog/cara-menghilangkan-bosan-di-rumah-hbl/). Ingat sebagai seorang muslim anda harus memiliki cita-cita dan harapan yakni kebahagiaan dunia dan akhirat. juga takut jika amal ibadah kita tidak diterima Allah Subhanahuwata`ala. dengan demikian kita akan sungguh2 beribadah. Tujuan hidup seorang muslim untuk senantiasa mencari ridha Allah agar masuk ke surga-Nya. Inilah cita-cita terbesar yang terus diusahakan. Sehingga ia akan senantiasa bersungguh-sungguh mengusahakan sebab meraih cita-cita yang mulia ini. Seorang muslim diperintakan untuk senantiasa bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Kemudian diperintahkan untuk menghitung-hitung perbuatan diri sendiri sebelum kelak dimintai pertanggungjawaban di akhirat (https://www.voa-islam.com/read/aqidah/2018/11/16/60965/apa-yang-sudah-kau-siapkan-untuk-masuk-surga/).

Pustaka

Hastuti, R.H. 2020. Mulai Bosan #DiRumahAja? Ikuti 4 Tips & Trik Ringan Berikut. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200329203107-33-148303/mulai-bosan-dirumahaja-ikuti-4-tips-trik-ringan-berikut. Diakses tanggal 22 April 2020.

34 thoughts on “Tips efektif menghadapi kebosanan ketika bekerja dari rumah saja

  1. Rara Erlina Oktafia

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh, masyaAllah terima kasih banyak untuk tips yang dibagikan. Semoga kita bisa melewati masa-masa ini dengan baik dan proses dari semua ini mampu membuat kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik setelahnya. Dalam situasi pandemi Covid-19 ini berbagi dengan sekitar merupakan hal yang sangat berarti dan menurut saya cukup ampuh untuk menghilangkan rasa bosan dan penat dalam diri, kita dapat berbagi dengan melakukan hal sederhana seperti berbagi makanan ke tetangga, memberi uang lebih kepada ojol, dan menshare tips-tips atau tulisan positif melalui media sosial ataupun situs seperti ini. Terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  2. Linda Febriani

    Assalamualaikum wr wb., terimakasih atas tipsnya untuk menghadapi kebosanan di rumah ini bapak. Menurut saya isi dari tulisan ini sudah mencakup banyak aspek mulai dari keseimbangan dunia dan akhirat (disebutkan membaca, menghafal, dan mentadabburi Al-Qur’an), memaparkan apa yang bisa dikerjakan sekarang (menjalin komunikasi dengan keluarga dan teman, serta mengerjakan hobi), dan juga langkah yang akan dikerjakan (membuat rencana kegiatan dan buat rencana dan cita-cita ke depan). Berdasarkan isi tulisan ini memberitahu kegiatan apa yang dapat dikerjakan sekarang dan dapat pula memberikan hasil di masa yang akan datang dengan membuat perencanaan kegiatan dan cita-cita ke depan. Ini termasuk tulisan yang kompleks dan perlu untuk di share agar dapat bermanfaat bagi orang-orang yang saat ini sebagian besar sudah merasa bosan terus berada di rumah dikarenakan adanya pandemi covid-19 ini.

    Suka

    Balas
  3. era khoridatul

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebuah tulisan yang menarik untuk dijadikan bekal untuk kegiatan sehari-hari. Apalagi untuk saat ini sedang terjadi wabah yang mengharuskan kita semua untuk tetap berada di dalam rumah. Tidak tanggung-tanggung, pasti nya sebagai manusia yang memiliki sifat sosial pasti sering oergi keluar jntuk bersosial dengan manusia lain atau bahkan sekedar untuk mencari hiburan. Tapi mau bagaimana lagi, pasti ada hikmah dalam rencana-Nya. Salah satunya lebih bisa mendekatkan diri terhadap Sang Pencipta dan mensyukuri arti hidup selalu. Semoga selalu memberikan tips-tips untuk menginspirasi kita semua. Aamiin dan terima kasih

    Suka

    Balas
  4. Nor Azizah

    Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, artikel ini sangat membantu dan bermanfaat apalagi di saat adanya pandemi corona yang mengharuskan kita untuk berada di rumah. Kegiatan rencana selanjutnya untuk menghadapi situasi kebosanan dalam artikel ini sangat membantu, terutama kita sebagai manusia dan seorang muslim sudah semestinya untuk lebih meningkatkan ibadah dan keimanan kita kepada Allah SWT dan dengan adanya wabah ini bisa kita ambil sisi positifnya dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Semoga dengan adanya salah satu artikel ini yang membahas rasa bosan dapat membuka pikiran kita untuk banyak berbuat hal baik. Terima kasih pak.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
    1. Anang Kadarsah Penulis Tulisan

      Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh. Terima kasih sudah menulis komentarnya di sini. Sedikit saran untuk penulisan nama Allah subhanahu wa ta’ala mohon tidak disingkat menjadi SWT.

      Suka

      Balas
  5. Nita Azhari

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, artikel ini benar-benar sangat membantu untuk mengatasi rasa kebosanan dikala pandemi ini, semoga kita selalu disehatkan badan serta dijauhkan dari segala macam penyakit. Mudah-mudahan pengunjung blog bapak bisa merasakan manfaat yang sama seperti apa yang saya rasakan, tips nomor 1 sangat bermanfaat saya berharap bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

    Suka

    Balas
  6. Muhammad Adam Malik

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Artikel yang sangat menarik untuk dibaca dan bermanfaat untuk menghadapi kebosaan seperti sekarang ini. Terlebih lagi, artikel ini mudah dipahami karena tips-tips yang diberikan telah dirincikan per poin. Poin yang disampaikan juga mensugesti untuk selalu berbuat positif dan produktif. Melihat dari poinnya bahwa yang paling terbaik itu adalah dengan membaca, menghapal, dan mentadabburi Al-Qur’an. Semoga pembaca artikel ini semakin mendekatkan diri ke Allah Subhanahu Wata’ala dalam menghadapi bulan ramadhan agar mendapatkan keberkahan dan pandemi covid-19 ini cepat berakhir. Semoga tempat ini menjadi wadah yang selalu memberikan tips-tips yang bermanfaat dan menginspirasi orang banyak. Terima kasih banyak, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Suka

    Balas
  7. Annisa Fitriany

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulillah bapak terima kasih banyak atas artikel yang bapak tulis sangat bermanfaat bagi saya apalagi dalam kondisi sekarang ini yang lebih banyak berdiam diri di rumah saja. Saat ini semua orang yang berada dirumah termasuk saya pasti hanya memikirkan tugas mereka seperti saya yaitu kuliah online dari rumah dan pengen cepat keluar dari zona ini, tidak terpikir untuk melakukan hal lain dan pastinya itu sangat membuat saya bosan. setelah saya membaca artikel bapak, pikiran saya jadi terbuka untuk melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat seperti tips yang bapak berikan ini bahkan dari tips ini saya dapat mengembangkan tips-tips lainnya yang bisa menghilangkan kebosanan. Semoga artikel bapak dapat memberikan manfaat bagi orang banyak dan dapat menginspirasi juga, terima kasih pak. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Suka

    Balas
  8. Vera Yuniar

    Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillah informasi yang Bapak sampaikan sangat bermanfaat bagi saya dan juga orang lain yang sedang mencari tips anti bosan. Semua tips-tips yang ada pada tulisan ini insya Allah sangat mudah untuk diterapkan. Harapan ke depannya semoga tulisan ini membantu orang banyak dalam mengatasi kebosanannya, baik dalam situasi pandemi korona sekarang maupun waktu yang akan datang. Aamiin yaa robbal ‘alamin, semoga kita semua selalu diberi kesehatan selalu.

    Suka

    Balas
  9. MAULIDA ULM

    Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh, terimakasih atas tips yang bapa berikan yaitu Tips efektif menghadapi kebosanan ketika bekerja dari rumah saja. Artikel ini sangat membantu mengurasi rasa kebosanan. Sangat bermanfaat dan juga artikel ini mudah dipahami oleh mahasiswa. Artikel ini dapat diterapkan didalam kehidupan sehari hari.

    Suka

    Balas
  10. Ismi Saroh

    Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillah setelah membaca tulisan bapak dapat menambah referensi untuk menghadapi kebosanan ketika harus menjalani berbagai kegiatan dari rumah, seperti membuat rencana kegiatan untuk hal yang akan dikerjakan. Terkadang hal tersebut terlewatkan untuk dilakukan. Di saat pandemi seperti ini kita sebagai manusia harus mengambil hal positif dengan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Terimakasih pak atas tips bermanfaat nya.

    Suka

    Balas
  11. olivia anafarida

    Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh, tulisan yang disajikan sangat bermanfaat dan menjadi info tambahan untuk menambah aktivitas saya dirumah. Dimana saya dapat mencontoh kegiatan yang telah dituliskan di atas, seperti menghafal surah pendek, membuat rencana kegiatan harian, berdiskusi dengan teman, dan banyak kegiatan lainnya yang dapat saya lakukan untuk mengisi masa-masa #dirumahaja ini sehingga waktu yang saya punya akan terasa lebih bermanfaat untuk saya dan orang lain. semoga wabah ini segera berakhir sehingga kita dapat memulai aktivitas dengan normal dan lebih menghargai waktu, kesehatan serta selalu bersyukur atas apapun.

    Suka

    Balas
  12. Helin Mardiana

    Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, terima kasih telah berbagi tips bagaimana menghadapi kebosanan dirumah. Banyak hal hal postitif yang sering kita lupakan untuk dilakukan saat menghadapi kebosanan, oleh karena itu artikel ini sangat membantu serta juga mengingatkan kita senantiasa beribadah dengan sering membaca al-qur’an. Semoga para pembaca artikel ini mendapatkan kesadaran bahwa banyak yang telah kita tinggalkan, bahasa artikel yang mudah dipahami, semoga para pembaca memahami maksud dan tujuan artikel ini.

    Suka

    Balas
  13. hil mah

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Artikel ini sangat memberikan tips bagi saya untuk mengatasi kebosanan yang dirasakan disaat ini dan dapat mendekatkan diri dengan Allah subhanahu wata’ala dan dengan keluarga. Semoga kita semua disehatkan dan dijauhkan dari segala macam penyakit serta semoga kita semua selalu berpikiran positif. Aminn…

    Suka

    Balas
  14. Siti Fadhilah

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Terima kasih banyak untuk tips- tips yang sangat bermanfaat tersebut. Saya akui selama masa karantina sangat mudah jatuh ke dalam rutinitas yang tidak sehat secara terus-menerus. Dimulai dari kegiatan rebahan yang tak menentu hingga menunda-nunda pekerjaan yang justru akan menambah kecemasan selama pandemik berlangsung. Dengan membaca artikel ini saya mendapat list kegiatan yang bisa saya lakukan dirumah agar tidak terlalu membosankan. Semoga kita semua bisa melawati ini semua dan bisa beraktifitas diluar lagi Aammiin.

    Suka

    Balas
  15. Siti Fadhilah

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Terima kasih banyak untuk tips- tips yang sangat bermanfaat tersebut. Saya akui selama masa karantina pasti sangat mudah bukan untuk jatuh ke dalam rutinitas yang tidak sehat secara terus-menerus. Dimulai dari kegiatan rebahan yang tak menentu hingga menunda-nunda pekerjaan yang justru akan menambah kecemasan selama pandemik berlangsung. Dengan membaca artikel ini saya mendapat list kegiatan yang bisa saya lakukan dirumah agar tidak terlalu membosankan. Semoga kita semua bisa melawati ini semua dan bisa beraktifitas diluar lagi Aammiin.

    Suka

    Balas
  16. Dea Sativa Hydhayanti

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Terimakasih banyak bapak atas tips yang diberikan dalam menghadapi kebosanan ketika bekerja dari rumah saja, banyak pembelajaran didalam artikel ini yang bukan hanya akan dekat ke Allah SWT, tapi juga selalu bersilaturahmi dengan keluarga dan teman walau tidak bertemu secara langsung. Semoga dengan adanya tips ini kita akan menjadi orang yang selalu melakukan hal-hal positif walau hanya dirumah saja.

    Suka

    Balas
  17. AYU RAMA DEWI

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih atas tips-tips yang telah diberikan. Artikel yang cukup menarik dan tidak sulit untuk dimengerti. Tips-tips yang diberikan sangat bermanfaat untuk membunuh kebosanan yang sedang terjadi. Terutama saran mengaji dan mendekatkan diri kepada Allah. Tentunya pandemik covid-19 ini memberi hikmah tersendiri bagi manusia. Tips-tips lain juga sangat membantu. Semoga blog bapak menjadi wadah tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih pak, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Suka

    Balas
  18. NIEMAH ALAS

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih bapak atas artikel yang telah bapak berikan, Artikel ini sangat bermanfaat untuk dibaca dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mengahdapi pandemik covid-19 ini. pada dasarnya kebosanan akan muncul ketika kita tidak memiliki tujuan yang pasti akan kegiatan yang dilakukan, hal ini juga dapat terjadi ketika kita merasa tidak terstimulasi atau tidak puas dengan apa yang dilakukan. Membaca, menghafal, dan mentadabburi Al – Quran yang telah bapak jabarkan pada poin pertama menurut saya merupakan cara yang efektif untuk kita yang mengatasi kebosanan, selain itu hal ini juga senantiasa dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Poin lainnya yang terdapat dalam artikel ini juga dapat dijadikan acuan yang bagus untuk mengatasi kebosanan, terima kasih bapak atas pengingat yang telah bapak sampaikan melalui artikel ini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT

    Suka

    Balas
  19. Yuni Helda Riani

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, artikel ini sangat membantu sekali dalam mengatasi kebosanan dirumah dengan melakukan hal sederhana seperti mengerjakan hobi, memanfaatkan waktu luang denga keluarga, dan mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala seperti membaca, menghafal, dan mentadabburi Al-Qur’an selain mengatasi kebosan jika kita melakukannya lillahi ta’ala insyaallah akan menambahnya pahala kebaikan. Semoga terutama saya sendiri bias mengamalkannya setiap hari. Aamiin

    Suka

    Balas
  20. kristiana agata

    Selamat malam pak, terimakasih atas tips tips yang sudah bapak berikan untuk mengatasi kebosanan dirumah selama pandemi yang sedang terjadi saat ini. semua aspek sudah dipaparkan dengan baik, mulai dari beribadah, membuat rencana kegiatan, menjalin komunikasi dan menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga yang biasanya hanya kita temui sebentar saja saat kita sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan kita, mengerjakan hobi kita , serta membuat rencana cita – cita kita kedepannya, semoga keadaan ini semakin membaik dan keadaan bisa kembali normal seperti biasanya.

    Suka

    Balas
  21. muhammad fadillah

    Assalamualaikum wr wb., terima kasih banyak atas kepada penulis atas tips yang telah diberikan dalam menghadapi kebosanan selama berada di rumah. Menurut saya, tulisan ini telah memasukkan aspek-aspek dari keseimbangan dunia dan akhirat, menjelaskan mengenai apa yang bisa dikerjakan sekarang , dan juga kegiatan yang akan dikerjakan. tulisan ini dapat menjelaskan mengenai kegiatan apa yang dapat dikerjakan sejak sekarang hingga dapat memberikan hasil di masa yang akan datang dengan membuat perencanaan kegiatan dan cita-cita ke depan. Ini termasuk tulisan yang kompleks dan perlu untuk disebarkan agar dapat bermanfaat bagi orang-orang yang saat ini sebagian besar telah merasa bosan karena terus berada di rumah dikarenakan adanya pandemik sekarang ini.

    Suka

    Balas
  22. AYU RAMA DEWI

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih atas tips-tips yang telah diberikan. Artikel yang cukup menarik dan tidak sulit untuk dimengerti. Tips-tips yang diberikan sangat bermanfaat untuk membunuh kebosanan yang sedang terjadi. Terutama saran mengaji dan mendekatkan diri kepada Allah. Tentunya pandemik covid-19 ini memberi hikmah tersendiri bagi manusia. Tips-tips lain juga sangat membantu. Semoga blog baoak menjadi wadah tulisan yangbermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih pak, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Suka

    Balas
  23. Nurzakia Zulfah

    Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. Artikel ini sangat bermanfaat sekali. Terlebih yang poin satu, memang sudah seharunya kita lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an dan lebih bagus lagi jika bisa menghafal serta mentadabburi Al – Quran. Tips-tips lainnya juga bagus seperti membuat rencana untuk kedepannya sehingga lebih terorganisir dan waktu tidak terbuang sia-sia. Tentunya juga tidak lupa dengan keluarga tetapi tetap meluangkan waktu untuk hobi kita agar dapat mengembangkan diri. Semoga dapat terus membuat artikel seperti ini serta orang yang membacanya juga dapat mengimplementasikannya. Terima kasih banyak, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Suka

    Balas
  24. Aldy Heriyanoor

    Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, tips bagaimana mengahadapi kebosanan dirumah versi bapa saya sangat setuju dan bagus pak, semua tips tersebut tidak ada yang sulit untuk dilakukan, bahkan berdampak positif bagi diri sendiri untuk masa kini dan masa depan. Saya sangat suka dengan tips membaca, menghafal, dan mentadabburi Al – Quran. Dengan membaca, menghafal, dan mentadabburi Al – Quran dapat menenangkan hati kita dari masalah kebosanaan duniawi. Terlepas dari pandemi covid-19 dan terkait dengan bulan ramadhan juga yaitu bulan dengan penuh berkah, sangat baik membaca, menghafal, dan mentadabburi Al – Quran. Terimakasih tipsnya bapak, semoga bapak dan penerima tipsnya mendapatkan barokah dunia akhirat amin.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.