Tujuan dari pengelolaan sampah adalah supaya sampah memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Dengan melakukan pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, kamu dapat membantu untuk kejar mimpi menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan. Sebelum mengerti cara mengolahnya, kita wajib tahu jenis sampah yang sering dikonsumsi di rumah tangga. Ada 2 jenis sampah rumah tangga, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi, seperti kulit sayur dan buah, cangkang telur, tulang ikan, tulang ayam, dan sebagainya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah seperti plastik, kartus, kertas, hingga barang elektronik.

Berikut ini adalah empat langkah yang dapat dilakukan untuk mengelola sampah rumah tangga, yakni :

  1. Memilah sampah menjadi dua bagian sampah organik dan anorganik.
  2. Menyediakan tempat sampah minimal dua wadah untuk organik dan anorganik.
  3. Sampah anorganik yang bernilai jual pisahkan di wadah tersendiri misalnya karung.
  4. Sampah organik bisa dibuat pupuk kompos

I. MEMILAH SAMPAH

II. MENYEDIAKAN TEMPAT SAMPAH BERBEDA

III. MENGOLAH SAMPAH ANORGANIK

IV. MENGOLAH SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS

Pustaka

Anonim. 2018.  Sudah tahu cara mengelola sampah di rumah? Ini tips mudahnya. https://kejarmimpi.id/sudah-tahu-cara-mengelola-sampah-di-rumah-ini-tips-mudahnya.html.

Ratnasari, E.D. 2019. Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga dengan Mudah. CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 10:56 WIB. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190911112043-284-429492/cara-mengelola-sampah-rumah-tangga-dengan-mudah