Pembuatan rencana pembelajaran sangatlah penting dalam kegiatan belajar dan mengajar di perkuliahan baik offline maupun online. Tahapan pembuatan rencana pembelajaran dimulai dengan : 1. Analisis karakteristik peserta didik dan lingkungan. 2. Hasil akhir dari kegiatan mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik adalah menentukan garis batas antara perilaku yang tidak perlu diajarkan dan perilaku yang harus diajarkan kepada peserta didik. 3. Selanjutnya dosen dapat melakukan pembuatan tujuan mata kuliah.

Tujuan mata kuliah yang baik harus dibuat dengan secara jelas, bersifat khusus, dapat diamati, terukur, dan menunjukkan perubahan tingkah
laku. Ada empat komponen yang harus ada dalam rumusan tujuan, yaitu Format ABCD digunakan oleh Institusi Pengembangan Pembelajaran yakni : audience behavior condition and degree.

Audience. Audience merupakan siswa atau mahasiswa yang akan belajar, dalam hal inipada TIK perlu dijelaskan siapa mahasiswa atau siswa yang akan belajar. Keterangantentang siswa yang akan belajar tersebut harus dijelaskan secara spesifik mungkin,agar seseorang yang berada di luar populasi yang ingin mengikuti pelajaran tersebutdapat menempatkan diri seperti siswa atau mahasiswa yang menjadi sasaran dalam sistim instruksional tersebut.

Behavior. Behavior merupakan prilaku yang spesifik yang akan dimunculkan oleh mahasiswa atau siswa tersebut setelah selesai mengikuti proses belajar tersebut .Perilaku ini terdiri dari dua bahgian penting yaitu kata kerja dan objek.Kata kerja inimenunjukkan bagaimana siswa mendemonstrasikan sesuatu seperti menyebutkan,menjelaskan, menganalisis dan lainnya. Sedangkan objek menunjukkan apa yang didemonstrasikan.

Condition. Condition berarti batasan yang dikenakan kepada mahasiswa atau alat yangdigunakan mahasiswa ketika ia tes.Kondisi ini dapat memberikan gambaran kepadapengembang tes tentang kondisi atau keadaan bagaimana siswa atau mahasiswadiharapkan dapat mendemonstrasikan perilaku saat ini di tes,misalnya denganmenggunakan rumus tertentu atau kriteria tertentu.

Degree. Degree merupakan tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mencapai perilakutersebut, adakalanya mahasiswa diharapkan dapat melakukan sesuatu dengansempurna tampa salah dalam waktu dua jam dan lainnya.

Sejumlah rumusan ABCD dalam penerapannya terkadang tidak disusun secara ber urutan namun dapat dibalik-balikkan .

Sumber tulisan di sini!