Lampiran Produk kegiatan individu Kelompok 11 Sesi 2

Kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya Physical / Social Distancing sebagai upaya pencegahan penularan berdampak pada model KKN yang akan dijalankan. Dalam KKN, aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat) dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis, dan terpadu. Harapannya adalah kelak para lulusan perguruan tinggi menjadi manusia yang bersedia mengabdikan diri bagi kemaslahatan masyarakat.

Salah satu perubahannya adalah KKN yang biasanya dilakukan secara kelompok (tim) dan berada pada suatu wilayah yang sudah ditentukan oleh LPPM, maka pada KKN saat ini dilakukan dengan secara mandiri (individu)atau dalam kelompok kecil dengan lokasi yang ditentukan sendiri oleh mahasiswa berdasarkan lokasi domisili/kampung halaman atau dapat memilih lokasi diluar domisili dengan pertimbangan keamanan dari pandemi Covid-19 dan pertimbangan akses internet.

Perubahan model KKN tersebut tidak lepas kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial yang meminimalisir adanya aktifitas yang melibatkan banyak orang serta dengan adanya pergerakan mahasiswa dari tempat domisili saat ini. Konsekuensi dari perubahan model KKN ini diharapkan tidak menghilangkan nilai kemanfaatan mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu meskipun dilakukan secara mandiri (individu) serta adanya beberapa pembatasan namun kegiatan mahasiswa hendaknya masih dalam kerangka bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam masa Pandemi Covid19 yang berlaku nasional saat ini.

Mengacu pada kondisi tersebut dan perubahan model pelaksanaan KKN,maka mahasiswa diberikan opsi untuk menentukan sendiri program yang akandilakukan dengan pilihan opsitematik Program KKN sebagai berikut :

  1. Kesehatan masyarakat dan lingkungan dalam rangka pencegahan Covid-19.

2) Pemberdayaan UKM/masyarakat produktif yang terdampak Covid-19.

3) Inovasi tehnologi tepat guna/informasi untuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

4)Pemberdayaan BUMDES/Pemerintahan desa/kelurahan dalam memperkuat jaring pengaman sosial desa saat terjadinya pandemi Covid-19.

5) Inovasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk anak sekolah pendidikan dasar dan menengah yang terdampak Covid-19.

Kelompok 11 Sesi 2 telah melaksanakan KKN Multidisiplin sejak tanggal 2 September sampai tanggal 16 September 2020. Dalam hal itu, beberapa program dan kegiatan yang telah direncanakan dilaporkan untuk mendapatkan penilaian. Kepada mahasiswa peserta Kelompok 11 Sesi 2 diharapkan untuk membuat laporan kegiatan dalam bentuk artikel. Template pembuatan artikel sebagai bukti lampiran kegiatan individu Kelompok 11 Sesi 2 diakses pada laman berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.