Selama dua tahun (2018) mata kuliah Bioindikator Pencemaran Lingkungan menjadi salahsatu mata kuliah pilihan di Program Studi Biologi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat. Seiring perkembangan kurikulum, ada usulan untuk mengubah nama Bioindikator Pencemaran Lingkungan menjadi Bioindikator saja. Hal ini disebabkan penamaan mata kuliah Bioindikator akan memperluas cakupan tidak sekedar untuk mendeteksi pencemaran lingkungan akan tetapi hal lain yang sangat penting untuk dijadikan bioindikator adalah keanekaragaman hayati dan biologi. Tentunya perubahan nama ini menghasilkan konsekuensi adanya perubahan komposisi pengajar, yang kini memasukkan dosen dari Fakultas Teknik – Teknik Lingkungan – ULM.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya kita gali informasi pendapat peserta mata kuliah Bioindikator Pencemaran Lingkungan pada tahun 2019 yang lalu. Silakan dibaca beberapa tulisan di bawah ini.

Pendapat tentang Bioindikator

Pendapat 1. Bioindikator dan Pencemaran Lingkungan merupakan salah satu mata kuliah yang sangat penting dan mungkin bisa dikatakan anak biologi wajib mengambil mata kuliah ini. Motivasi saya mengikuti perkuliahan Bioindikator dan Pencemaran Lingkungan yang paling utama adalah memperoleh pengetahuan dan hal-hal seperti informasi bermanfaat yang dapat saya terapkan di masyarakat, terutama untuk desa atau tempat asal saya, serta di tempat saya bekerja nanti setelah lulus. Walaupun kedepannya saya tidak bekerja di tempat yang berkaitan dengan lingkungan dan konservasi saya rasa sebagai orang biologi kita perlu tahu dan peduli terhadap lingkungan, contoh bisa saja ada orang bertanya mengenai pencemaran lingkungan yang terjadi dan meminta pendapat kepada kita sebagai orang biologi, sangat baik jika bisa memberikan saran, tapi sangat kurang baik jika dimintai pendapat dan tidak bisa menjawab. Sebagai orang biologi kita harus paham dan peka mengenai hal-hal yang terjadi disekitar kita, terutama masalah lingkungan hidup.

Pendapat 2. Mata kuliah bioindikator pencemaran lingkungan cukup menarik perhatian karena dari nama mata kuliahnya saja sudah jelas kalau mata kuliah tersebut membahas berbagai organisme yang berperan sebagai indikator terjadinya pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan menunjukkan adanya perubahan kualitas lingkungan yang berdampak pada keselamatan lingkungan dan organisme yang hidup di lingkungan tersebut. Keberadaan organisme yang dapat menunjukkan adanya perubahan kualitas lingkungan sangat berperan dalam rangka deteksi dini terjadinya pencemaran lingkungan.

Motivasi mengikuti Kuliah Bioindikator

Motivasi 1. Motivasi penulis mengikuti kuliah Bioindikator Pencemaran Lingkungan adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai indikator yang dapat digunakan sebagai bioindikator, baik berupa komponen biotic atau yang lainnya. .Banyak indikator eksotis atau endemik Kalimantan Selatan yang belum diteliti lebih jauh peran Bioindikatornya, sehingga topik ini sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut.

Motivasi 2. Motivasi saya mengikuti mata kuliah Bioindikator Pencemaran Lingkungan karena banyaknya masyarakat yang tidak mempedulikan lingkungan disekitar nya. Pencemaran lingkungan merupakan satu dari beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas lingkungan. Pencemaran lingkunganadalah masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Zat yang dapat mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup disebut dengan polutan. Polutan ini dapat berupa zat kimia, debu, suara, radiasi, atau panas yang masuk ke dalam lingkungan.

Motivasi 3. Motivasi saya mengikuti kuliah ini karena sebagai manusia kita wajib peduli dan bertanggung jawab untuk mengelola bumi dengan sebaik – baiknya sebagai amanah yang diberikan Allah Subhanahu wata`ala . Manusia merupakan pemeran utama dalam perubahan lingkungan baik dan buruknya serta segala sesuatu yang terjadi di lingkungan dan di alam. Dalam Al – Quran surat Ar-Rum ayat 41 yang artinya “telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan  manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. Sebagai makhluk ciptaan Allah Subhanahu wata`ala, saya wajib untuk mengetahui bagaimana indikator – indikator dari pencemaran serta kerusakan lingkungan. Dengan mengetahui indikator – indikator tersebut, saya berharap pencemaran – pencemaran yang ada di lingkungan dapat diatasi dan dihilangkan agar lingkungan tersebut menjadi baik kembali.