pendidikan

Menghitung Luas Wilayah Menggunakan Aplikasi Google Maps

Mengetahui luas tanah akan mempermudah Anda dalam menentukan kegiatan yang akan dilakukan termasuk perencanaan restorasi lahan dan lanskap. Selain itu, jika Anda ingin membangun berbagai fasilitas dalam pengembangan kawasan konservasi Anda juga perlu mengetahui luas tanahnya agar fasilitas yang dibangun benar-benar presisi dan memenuhi kebutuhan minimum wilayah konservasi untuk mewujudkan pembangunan sumber daya hayati yang berkelanjutan.

Untuk mempermudah Anda menghitung luas tanah secara akurat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama dengan cara manual, kedua menggunakan Rumus, ketiga menggunakan software (GPS Fields Area Measure, Area Calculator, dan GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement) dan keempat dengan bantuan dengan Google Maps.

Menghitung luas menggunakan cara manual memang lebih akurat, namun memerlukan waktu yang lama karena harus turun ke lapangan. Penggunaan rumus juga memerlukan ketelitian dan pemahaman yang tinggi. Sedangkan penggunaan software juga memerlukan instalasi dan perangkat yang menunjang.

Nah, untuk anda yang hanya mau mendapatkan perkiraan, atau tak punya cukup banyak waktu untuk turun ke lapangan, bisa menggunakan bantuan Google maps. Penggunaan google maps untuk pengukuran luas wilayah tak terbatas pada bidang berbentuk persegi. Selain itu, pengguna google maps juga dapat mengukur wilayah dengan bentuk tak beraturan seperti taman, gedung, bahkan negara. Bagaimana caranya? Simak petunjuk berikut di bawah ini :

1. Buka aplikasi Google Maps (https://www.google.com/maps) melalui web browser, sehingga tampilannya terlihat pada Gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1. Tampilan aplikasi web goole maps

2. Klik pada gambar satelit untuk mengubah tampilan menjadi mode satelit atau muka bumi karena kamu akan melihat kondisi tanah yang akan diukur.

Gambar 2. Tampilan menu satelit pada google maps

3. Masukkan alamat lokasi tanah yang akan diukur di kotak pencarian sebelah kiri

Gambar 3. Memasukkan nama lokasi / wilayah yang akan diukur pada tab sebelah kiri

4. Apabila lokasinya sudah tepat, atur pembesaran maksimal atau sesuai keperluan, serendah-rendahnya dengan perbandingan 1 : 5.000. Lihat pada Gambar 4 berikut ini.

Gambar 4. Pengaturan perbesaran (dengan contoh 100 m) pada tab sebelah kanan bawah

5. Klik “Measure distance” atau “Ukur jarak”, lalu klik tepi-tepi lahan atau batas terluar tanah yang mau diukur pada beberapa titik, dan kembali lagi ke awal.

Gambar 5. Hasil pengukuran jarak dan luas wilayah menggunakan aplikasi google maps dengan perbesaran 1 : 100 m (contoh pengukuran luas Nusa Gede, Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat)

6. Terdapat informasi Total Area, yang menunjukkan luas lahan yang telah dipilih (Luas total) dan jarak total yang menunjukkan keliling lahan tersebut.

Selamat berlatih!. Contoh pengukuran jarak dan luas wilayah pada aplikasi google maps ini dapat digunakan juga untuk mengukur wilayah yang mengalami kerusakan serta perencanaan program restorasi ekosistem yang terdegradasi seperti lahan bekas tambang dan hutan mangrove.

Pustaka

Ratnasari, K. (2020). 4 Cara Menghitung Luas Tanah, dari Manual Hingga Pakai Google Maps. Kamis, 26/03/2020 11:06. https://artikel.rumah123.com/4-cara-menghitung-luas-tanah-dari-manual-hingga-pakai-google-maps-56140

Keren, Sekarang Google Earth Dapat Mengukur Luas Wilayah

https://www.rumah.com/panduan-properti/cara-menghitung-luas-tanah-yang-akurat-dan-mudah-29090

2 tanggapan untuk “Menghitung Luas Wilayah Menggunakan Aplikasi Google Maps

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.