Cara Mudah Membuat Ringkasan, Yuk Dipelajari!

Meringkas merupakan aktivitas menulis yang harus diawali dengan membaca. Tujuan meringkas bahan pelajaran adalah memperpendek materi sehingga secara sepintas bisa mengetahui bagaimana isi dari pelajaran tersebut. Agar ringkasan pelajaran menjadi baik, maka perlu dilakukan beberapa hal, diantaranya :

  1. Membaca buku / catatan pelajaran asli. 
    1. Agar ringkasan catatan pelajaran  yang dibuat itu bisa utuh tanpa mengurangi isi catatan pelajaran, maka kita harus membaca terlebih dahulu catatan pelajaran  tersebut.
    1. Bacalah dengan teliti dan ikuti setiap alur catatan pelajaran. Membaca catatan pelajaran  asli  perlu dilakukan bukan hanya sekali atau dua kali, tetapi perlu berulang kali hingga kamu paham.
  2. Mencatat Ide / Gagasan Utama. 
    1. Setelah membaca catatan, selanjutya menuliskan kesan yang diperoleh setelah membaca catatan pelajaran.  Tuliskan apa pun yang kita rasakan ketika membaca catatan pelajaran tersebut.
    1. Gagasan utama adalah pokok yang dibahas dalam sertiap pargraf dalam pelajaran tersebut. Untuk menemukan gagasan utama kita perlu mengetahui jenis paragraph yang dibaca, antara lain : 1) Deduktif : paragraf yang gagasan pokoknya terletak di kalimat awal paragraf. 2) Induktif : gagasan pokoknya berada di akhir kalimat. 3) Deduktif-induktif : Letak gagasan pokoknya terdapat pada bagian awal dan akhir paragraph, dan 4) Ineratif : paragraf yang gagasan pokoknya ada di tengah.
  3. Menggunakan Kalimat Baru. 
    1. Selanjutnya gagasan utama digunakan untuk membuat ringkasan, dengan urutan isinya disesuaikan dengan catatan pelajaran  asli.
    1. Jika semua sudah tersusun selanjutnya adalah menggunakan kalimat baru dalam ringkasan.
  4. Ketentuan Tambahan
    1. Susunlah  ringkasan dalam kalimat tunggal. Kalimat-kalimat yang panjang bisa diringkas menjadi frase. Kemudian frase diubah menjadi kata.
    1. Namun hal ini tidaklah berlaku dengan kaku, semua bisa dilakukan dengan luwes.
    1. Intinya meringkas tidak mengubah isi catatan pelajaran  melainkan menjadikannya lebih pendek, agar lebih cepat memahami isi dari teks tersebut.

Demikian langkah-langkah dalam membuat sebuah ringkasan catatan pelajaran. Semoga, semua tips sederhana ini ada manfaatnya bagi anda untuk belajar membuat ringkasan

Pustaka

Saptoyo, RSA. 2020. Cara Menemukan Gagasan Pokok di Setiap Paragraf, Tertieved from : https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/15/183912169/cara-menemukan-gagasan-pokok-di-setiap-paragraf.

https://www.riyanpedia.com/2019/07/cara-mudah-dan-sederhana-dalam-membuat-ringkasan-catatan pelajaran .html

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.