Kajian Biologi di RTH Pekarangan

Beberapa waktu yang lalu bahkan sudah lama mahasiswa Biologi banyak yang menghubungi saya entah sebagai penguji atau pembimbing skripsi. Mereka mengajukan topik yang terkait dengan RTH atau Ruang Terbuka Hijau. Setelah saya telusuri ternyata Ruang Terbuka Hijau (RTH), adalah area memanjang/jalur dan atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh tanaman secara alamiah maupun yang sengaja ditanam. Ada juga yang dinamakan Ruang terbuka non hijau, yakni ruang terbuka di wilayah perkotaan yang tidak termasuk dalam kategori RTH, berupa lahan yang diperkeras maupun yang berupa badan air (https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/105/ruang-terbuka-hijau).

Ruang terbuka hijau (RTH) sendiri ternyata memiliki dua jenis yakni RTH privat dan RTH publik. Ruang terbuka hijau privat, adalah RTH milik institusi tertentu atau orang perseorangan yang pemanfaatannya untuk kalangan terbatas antara lain berupa kebun atau halaman rumah/gedung milik masyarakat/swasta yang ditanami tumbuhan. Ruang terbuka hijau publik, adalah RTH yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah kota/kabupaten yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum (https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/105/ruang-terbuka-hijau).

Kita kembali lagi kepada mahasiwa, akhirnya ada seorang mahasiswa Biologi yang mengajukan rencana judul penelitian : PENGARUH KEBERADAAN RTH PEKARANGAN TERHAP IKLIM MIKRO (harusnya TERHADAP ya?). Saya balik tanya kepada mahasiwa tersebut : Apakah RTH Pekarangan itu makhluk hidup? Apa benar RTH PEKARANGAN berpengaruh TERHADAP IKLIM? Kenapa mahasiwa Biologi yang kuliah di BIologi membuat judul penelitian yang tidak kelihatan Biologinya?

Ini memang jadi pertanyaan besar, kenapa mahasiswa Biologi yang sehari-hari menelan Biologi, tetapi saat membuat rencana judul penelitian malah jauh dari Biologi atau tidak menyebutkan Biologi? Jawabannya apa? Kembali kepada masing-masing, jika anda yang membaca tulisan ini adalah mahasiswa Biologi, tentu akan ditanyakan seberapa banyak anda memahami biologi? Sejauh mana konsep biologi yang anda pelajari dan kuasai untuk diwujudkan menjadi sebuah laporan akhir skripsi? Lain halnya jika yang membaca tulisan ini bukan mahasiswa Biologi, misalnya mahasiswa Kimia/Fisika/ matematika/Farmasi/ Statistika/Teknik LIngkungan/Pertanian/Kedokteran/Kehutanan/Keguruan/Ekonomi dll tentunya pertanyaan yang diajukan antara lain : 1) Seberapa banyak anda memahami ……………..? 2) Sejauh mana konsep ……………….. yang anda pelajari dan kuasai untuk diwujudkan menjadi sebuah laporan akhir skripsi?

Pemahaman mengenai prinsip dan konsep suatu bidang ilmu itu penting bagi yang mempelajarinya, karena penguasaan hal tersebut akan menjadi landasan kuat dan kesuksesan untuk bergerak selanjutnya. Kemudian jika kita akan menulis laporan akhir lihatlah dimana kita berada sekarang. Jika anda berada di Biologi maka berangkatlah anda dari konsep Biologi. Mulailah penulisan tugas akhir anda dari pembahasan yang ada di Biologi, yakni kajian tumbuhan, hewan, dan mikroba yang semuanya itu merupakan kajian Biologi.

Kesimpulan

Jika anda (mahasiswa biologi) tertarik mempelajari hal-hal lain yang terkait dengan tempat seperti RTH pekarangan maka sebagai biologiwan anda perlu memandang semua itu (RTH) sebagai wadah atau tempat yang mewadahi semua makhluk hidup yang ada di sana. Dan tugas anda sebagai biologi adalah mempelajari makhluk hidup yang ada serta interaksi yang terjadi di dalamnya. Adapun nantinya jika anda mau membahas pengaruh RTH terhadap iklim mikro maka itu dipelajari sebagai pengembangan kajian biologi tetapi bukan bidang kajian utama biologi.

Lalu bagaimana biar kajian biologi masuk ke dalam RTH? Caranya, ya masukkan komponen biologi yang ada di RTH pekarangan itu sebagai kajian. Sebagaimana diketahui bahwa tingkat kajian Biologi terdiri dari : individu, popluasi , komunitas dan ekosistem, maka anda bisa terapkan prinsip dan konsep individu, popluasi , komunitas dan ekosistem ke dalam ruang lingkup RTH.

Sebagai contoh : 1) Pelajari makhluk hidup di RTH pekarangan itu apa saja (ini masuk kajian biodiversitas). 2) Pelajari bagaimana adaptasi tumbuhan, hewan, mikroba di RTH pekarangan (ini masuk kajian adaptasi individu). 3) Pelajari bagaimana populasi tumbuhan, hewan, mikroba tumbuh dan berkembang di RTH pekarangan (ini masuk kajian ekologi populasi). 4) Pelajari bagaimana komunitas tumbuhan, hewan, mikroba berinteraksi di RTH pekarangan (ini masuk kajian ekologi komunitas). dan 5) Pelajari bagaimana aliran materi dan energi yang melibatkan tumbuhan, hewan, mikroba terjadi di RTH pekarangan (ini masuk kajian ekologi ekosistem).

Pustaka : sharing info dan pengalaman mengajar di Prodi Biologi FMIPA ULM

Semoga bermanfaat. Baarakallahufiikum.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.