Menyusun Skripsi atau Tugas Akhir Secara Cepat dan Tepat (Bagian 1)

Skripsi merupakan tugas akhir untuk mahasiswa sebagai syarat kelulusan untuk menjadi seorang sarjana yang dibanggakan, tetapi skripsi juga jadi momok bagi mahasiswa tahap akhir untuk menyelesaikan studinya Tidak semua mahasiswa punya kemampuan atau bakat dalam membuat sebuah rangkaian penelitian dalam bentuk sebuah hasil akhir skripsi untuk di uji sebagai syarat kelulusan menjadi seorang sarjana. Skripsi maupun tugas akhir ini kerap kali membuat para mahasiswa tertekan, menemui jalan buntu, dan berakhir dengan kemalasan untuk mengerjakan skripsi, sehingga membuat skripsi yang harusnya bisa selesai dengan cepat menjadi tertunda selama sebulan bahkan ada yang tertunda sampai pergantian semester. Sehingga banyak mahasiswa yang menganggap skripsi adalah kutukan akhir yang harus ditaklukan demi mendapatkan gelar sarjana (https://azzahra.ac.id/tips-menyelesaikan-skripsi-tepat-waktu/).

Sebenarnya bukan hanya skripsi ya, tetapi kamu sehari-hari menghadapi tugas dan ujian kuliah sama saja. Terbiasa menyelesaikan tugas cepat dan tepat. Insya Allah kamu bisa menyusun skripsi dengan cepat dan tepat juga. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini akan dipaparkan mengenai tips dan trik cara menyusun skripsi atau tugas akhir lainnya secara cepat dan tepat. Tulisan ini dimbil dari Talkshow “Trik Menyusun Skripsi Secara Tepat & Cepat” Workshop “Submit Artikel Via OJS”. Presented byNiluh Putu Dian Rosalina Handayani Narsa, S.A., M.Sc (Dosen Akuntansi Universitas Airlangga). Perpustakaan Universitas Airlangga – Kampus B Surabaya, 24 April 2019 :

Nah ini dia, permulaannya kita membahas skripsi, Silakan disimak!

Sekarang kita bahas apa sih tepat dan cepat itu? Apa tujuannya? Silakan disimak ya!

Berkaitan dengan tepat dan cepat, maka ada empat aspek penting penyelesaian skripsi (tugas akhir) agar bisa dikerjakan dengan cepat dan selesai tepat waktu, yakni : 1) kamu sendiri, 2) fokus, 3) pemahaman dan 4) attitude atau sikap. Lihat Gambar 1 di bawah ini!

Gambar 1. Empat aspek penting penyelesaian skripsi (tugas akhir) agar bisa dikerjakan dengan cepat dan selesai tepat waktu,

Lanjutkan, Kita bahas satu persatu ya!

  1. Aspek You/Kamu akan terkait dengan komitmen dan kedisiplinan. Komitmen akan terkait dengan niat, Ingat niat ini sangat penting karena melandasi seluruh pekerjaan kita ya. Jika niat kita benar, maka Insya Allah menjadi setengah modal keberhasilan kita menyelesaikan pekerjaan. Jangan lupa agar niat kita benar maka kita selalu meminta pertolongan kepada Allah Subhanahuwata`ala. Jadi mau menghasilkan skripsi seperti apa? Lihat Gambar 2 di bawah ini!
Gambar 2. Niat diperlukan untuk menghasilkan jenis dan kualitas skripsi anda. Apakah sekedar lulus cepat atau menginginkan tulisan yang bagus?
  • Anda sendiri memiliki berbagai potensi yang menjadi modal untuk menyelesaikan skripsi. Apa saja itu? Motivasi, Tujuan, Pantang Menyerah dan Pengelolaan Waktu atau Time Management. Keempat faktor ini ada pada diri anda sendiri, namun anda perlu mengingat bahwa semuanya karunia dan yang sudah diatur oleh Allah yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, manfaatkanlah semua karunia Allah ini sebaik mungkin sehingga anda bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya ya..! (Gambar 3).

Gambar 3. Semua potensi yang ada pada diri anda akan terkait dengan tujuan, modal pantang menyerah dan motivasi untuk membuat pengelolaan waktu (Time Management), termasuk dengan membuat target dan jadwalnya.

Target perlu dibuat karena kita juga tidak tahu berapa lama kita diberikan hidup di dunia ini, termasuk dalam pembuatan skripsi.Anda mau menyelesaikan skripsi berapa lama? 3 bulan atau 6 bulan? Kalau anda sudah bisa membuat jawaban atas pertanyaan itu maka tibalah waktunya anda membuat timeline (garis waktu) pengerjaan skripsi. Gambar 4 di bawah ini menjelaskan contoh timeline (garis waktu) pengerjaan skripsi sejak bulan 1 sampai bulan 3.

Gambar 4. Contoh pembuatan timeline (garis waktu) pengerjaan skripsi sejak bulan 1 sampai bulan 3.

Terus semangat jangan menyerah. Tiga bulan pertama sudah anda lewati, selanjutnya masuk bulan keempat mengerjakan ulasan (review) mulai bab 1 – sampai bab 3. Bulan kelima anda mulai melengekapi bab 4 dan bab 5, terus semangat ya, dengan bimbingan rutin untuk merevisi tulisan. Gambar 5 di bawah ini menjelaskan contoh timeline (garis waktu) pengerjaan skripsi sejak bulan 4 sampai bulan 6.

Gambar 5. Contoh timeline (garis waktu) pengerjaan skripsi sejak bulan 4 sampai bulan 6.

2. Mencari Ide Topik Tulisan

Topik tidak disetujui bagaimana?

Apa yang harus Anda lakukan dalam mempersiapkan diri menulis skripsi sejak dini?

Lanjut ke Bagian 2

Insya Allah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.