pendidikan · Penulisan

Menyusun Skripsi atau Tugas Akhir Secara Cepat dan Tepat (Bagian 2)

3. Menulis Latar Belakang

Jika kamu sudah selesai memilih topik, menetapkan judul, dan membuat latar belakang secara runtut dan ringkas, SELAMAT ! Skripsi Anda telah selesai 50% !! Bagaimana cara menulis latar belakang

•Jika sudah masuk ke BAB 1, lalui hari-harimu dengan selalu mengerjakan BAB 1! •Progress amat sedikit tidak masalah. Yang penting setiap hari konsisten mengerjakan. •Di sabtu minggu pun? Iya! Jangan lewati, pokoknya. Sekedar mereviu apa yang sudah kamu tulis di hari-hari sebelumnya pun tidak papa.

•LAWAN PERASAAN GALAU “ganti topik, ah”. –Menghadapi sedikit hambatan langsung tidak semangat dan merasa topik tidak bagus. Jangan, dong. –Oleh karenanya pikir-pikir dari awal secara matang. Pikirkan solusi dari segala kemungkinan yang muncul.

Hal-hal teknis terkait dengan upaya pencarian referensi, yang pertama adalah memilih sumber pencarian referensi, seperti terlihat pada Gambar 2 di bawah ini.

Gambar 2. Sumber penelusuran referensi

Selanjutnya, Tidak usah pusing-pusing mencari artikel kualitas bagus berdasarkan keyword yang ingin kamu cari sebanyak-banyaknya, lihat saja daftar pustaka dari salah satu artikel utama yang kamu gunakan! Tandai Pustaka yang akan anda gunakan di dalam proposal maupun laporan hasil penelitian. Lihat Gambar 3 di bawah ini!

Gambar 3. Lihat pustakanya saja
Gambar 3. Menandai daftar pustaka untuk dijadikan referensi dalam penulisan laporan penelitian

Selanjutnya anda perlu mengorganisasikan referensi yang sudah dibuat dengan cara memberi nama sesuai dengan judul atau tema artikel yang diarsipkan. Cara pemberian nama bisa mengikuti aturan berikut ini : Minimum beri judul berdasarkan nama terakhir penulis, tahun, dan judul artikel. Lihat Gambar 4 berikut ini.

Gambar 4. Memberi nama artikel yang akan diarsipkan

Selanjutnya, untuk mempercepat menulis sitasi dan daftar pustaka jangan dilakukan secara manual. Ikutilah dan pelajarilah software pengolah pustaka seperti Mendeley. Kalau anda berkenan mempelajari Mendeley bisa lihat laman berikut ya!

Gambar 5. Gunakan aplikasi pengolah pustaka seperti Mendeley

Demikian pula untuk membuat daftar isi, daftar tabel, daftar lampiran dan lain-lain. Jangan manual, tetapi gunakan fitur otomatis yang ada di aplikasi Microsoft Word (Gambar 6)

Gambar 6. Gunakan fitur otomatis yang ada di microsoft word

Terakhir bagian 2 adalah, terkait teknis penyimpanan file. Jika anda punya file maka jangan hanya disimpan di Flash Disk dan laptop. Akan tetapi buatlah cadangan dengan cara 1) mengirim ke email sendiri, 2) menyimpan di google drive, 3) membuat grup sendiri di Telegram atau Whatsapp dan cara sejenisnya. (Gambar 7)

Gambar 7. Cara menyimpan file dengan berbagai pilihan

Insya Allah lanjut nanti ke bagian 3….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.