pendidikan

Interaksi Manusia dan Lingkungan

Sebagai makhluk yang diberikan amanah oleh Allah Subhana wa ta’ala untuk beribadah hanya kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, manusia diberikan kesempatan memanfaatkan fasilitas berupa bumi dan segala isinya. Kehadiran bermacam-macam jenis makhluk hidup di muka bumi ini akan menciptakan interaksi kompleks secara simultan (terus-menerus) dan dinamis di berbagai tingkat organisasi ekologi pada berbagai skala ruang dan waktu.

Kompleksitas interaksi antar komponen makhluk hidup tidak terlepas dari manajemen biodiversitas yang sangat rapi berupa struktur (komposisi dan susunan) dan peran (fungsi) masing-maisng komponen ekosistem. Keberagaman struktur dan fungsi ekosistem selanjutnya menciptakan kekayaan jasa dan layanan ekosistem yang dapat digunakan oleh manusia untuk selalu bersyukur dengan karunia-Nya dan bersabar atas ujian yang diberikan kepada-Nya.

Bersyukur dan bersabar adalah dua konsep hidup yang seharusnya dijadikan patokan hidup manusia dalam rangka pemanfaatan jasa dan layanan ekosistem agar manusia bisa menjalin interaksi yang positif dengan lingkungan sekitar. Konservasi biodiversitas dan restorasi ekosistem terdegradasi di daerah aliran sungai merupakan dua contoh interaksi positif manusia dengan lingkungan, terutama menjamin keberlangsungan jasa ekosistem seperti ; 1) jasa penyediaan air bersih, 2) jasa pengaturan pencegahan erosi, 3) jasa pendukung siklus nitrogen, dan 4) jasa budaya pendidikan dan kearifan lokal pengelolaan potensi biodiversitas daerah aliran sungai.

Sedangkan pembalakan hutan, pembuangan limbah ke badan air, dan kejahatan atas lingkungan lainnya merupakan contoh interaksi negatif antara manusia dengan lingkungan. Interaksi ini secara nyata akan menghilangkan keseluruhan jasa dan layanan ekosistem dan menimbulkan gangguan pada rangkaian struktur dan fungsi ekosistem. Bencana alam seperti banjir, kekeringan, kebakaran hutan, keracunan, limbah organik dan anorganik merupakan berbagai dampak perubahan struktur dan fungsi ekosistem dan dirasakan langsung oleh manusia karena berubahnya jasa dan layanan ekosistem secara keseluruhan.

Semoga tulisan ini bisa menyadarkan manusia agar kembali kepada jalan yang benar dan diridhoi oleh Allah yang Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.