Perjalanan menuju 10 hari terakhir bulan Ramadhan

Alhamdulillah adalah ucapan yang paling layak diucapkan tatkala seorang muslim mendapatkan keutamaan bertemu bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan keutamaan. Bulan yang didalamnya terdapat malam yang lebih utama dari 1000 bulan, yakni malam lailatul qadr.

Tentunya amalan yang paling baik dan diterima Allah Subhanahu wa ta’ala adalah amalan yang mengikuti contoh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Mari kita lihat apa yang dilakukan Rasulullah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Dari Aisyah Radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (Hadits Riwayat Muslim).

Lalu amalan apa saja yang banyak dilakukan Rasulullah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan? Beberapa amalan utama yang dicontohkan, antara lain: 

1. Memperpanjang Shalat Malam. Pada 10 malam terakhir, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak tidur, lambung beliau dan para sahabat amat jauh dari tempat tidur. Beliau menghidupkan malam-malam tersebut untuk beribadah, shalat, zikir, dan lain-lain hingga waktu fajar.

2. Memperbanyak Sedekah. Meningkatkan sedekah menjadi salah satu amalan utama di 10 hari terakhir sebagai ungkapan syukur atas nikmat dipertemukan Ramadan, serta sebagai penyempurna ibadah puasa dan ibadah-ibadah individu lainnya.

3. I’tikaf. I’tikaf berarti berdiam di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tidaklah seseorang keluar dari masjid, kecuali untuk memenuhi hajatnya sebagai manusia. I’tikaf memiliki kekhususan tempat dan aktivitas yaitu masjid dengan aktivitas ibadah mendekatkan diri kepada Allah dengan berdzikir, berdo’a, membaca Al-Quran, shalat sunnah, bershalawat, bertaubat, beristigfar, dan lainnya. I’tikaf dianjurkan setiap waktu, tetapi lebih ditekankan memasuki sepuluh malam terakhir Ramadhan.

4. Tilawah Al Qur’an. Meningkatkan membaca Al-Qur’an menjadi salah satu ibadah utama di 10 hari terakhir Ramadan. Tidak sedikit umat Islam yang larut dalam tilawah Al-Qur’an sepanjang malam baik di masjid maupun di rumah. Tilawah Al-Qur’an adalah ibadah ringan dan memiliki keutamaan yang besar.

Wallahu ‘alam.

Disadur dari laman https://kemenag.go.id/read/amalan-penting-di-10-hari-terakhir-ramadan-ykok5

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.