Arsip Kategori: Tak Berkategori

Alif Lam Qomariyyah dan Syamsiah

Muroja’ah Pelajaran Ketiga

الدَّرْسُ الثالث

Definisi:

🅰 Alif lam (Al) Qamariyah adalah Alif lam (ال) yang dirangkaikan dengan kata benda, yang diawali dengan salah satu huruf-huruf Qamariyah,
maka dibaca jelas.

👉Adapun huruf-huruf Qamariyah ada 14 huruf,yaitu
ا  ب  ج  ح  خ  ع  غ  ف  ق  ك  م  و  ه‍  ي

● Contoh:
الْولدُ
( ال+ ولد)

🖋 Penulisan Al Qamariyah memakai tanda sukun (ْ  ) pada huruf lam.

🅱 Alif lam (Al) Syamsiyyah adalah Alif lam (  ال  ) yang dirangkaikan dengan kata benda yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyyah,
maka menjadi lebur karena dimasukkan huruf syamsiyyah tersebut.

👉Jumlah hurufnya ada 14 huruf juga yaitu
ت  ث  د  ذ  ر  ز  س  ش  ص  ض  ط  ظ  ل  ن

● Contoh:

النّجْمُ
( ال + نجم)

🖋 Penulisan Al Syamsiyah menggunakan tanda tasydid ( ّ  ) pada huruf syamsiyyah yang berada didepan Alif lam.

Contoh pembuatan kalimat untuk penggunaan huruf Qamariyah dan Syamsiyyah,yaitu:

الْوَلَدُ فَقِيْرٌ
Anak laki-laki itu miskin

السُّكَّرُ حُلْوٌ
Gula itu manis

☝️Ingat cara membuat kalimat yang benar seperti contoh diatas,
maka salah kalau ditulis seperti ini :

❎  الولدُ الفقيرُ

❎ ولدٌ فقيرٌ

1. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata dibawah ini !

١) وسخ           ٢) سمك

٣) ماء               ٤) سرير

٥) كبير

Keterangan:

Kata tersebut digunakan tergantung kalimat yang akan dibuat yaitu dalam hal nakirah dan ma’rifatnya.

Perjalanan di Hangzhou : Naik Taksi 

Taksi merupakan alternatif transportasi paling mudah ditemukan di Kota Hangzhou,  China.  Taksi di sana menggunakan merk mobil asli negeri tirai bambu, seperti merk : Cherry, Foton, Geely, dan banyak merk lainnya yang bisa bersaing dengan merk-mer mobil Jepang seperti Honda, Suzuki, Mazda, dan Toyota.

Uniknya, ketika anda masuk ke dalam kabin mobil, maka anda akan disuguhi dengan pemandangan seperti pada Gambar, yakni adanya dinding pembatas terbuat dari fiber antara pengemudi dengan penumpang. Saya berfikir mungkin untuk keselamatan supir kali ya diutamakan, karena banyaknya kejahatan atau juga menghindari interaksi berlebihan supir dengan penumpang.

Yang jelas bahasa yang mereka gunakan  bukanlah bahasa inggris apalagi bahasa Indonesia. Tulisan maupun percakapan yang digunakan oleh supir asli berbahasa Cina, entah China  Mandarin atau China Kanton. Masalahnya ketika saya mencoba menyodorkan kertas berisi tulisan tempat tujuan dan juga pertanyaan (setelah ditranslate menggunakan aplikasi penerjemah). Supirnya geleng-geleng kepala tanda tidak tahu.

Saya cuma bisa garuk kepala, kenapa ya bahasa China sulit difahami, he-he . yang saya hafal cuma beberapa yaitu : Wo=saya, Ai=suka,cinta, Zhu=bambu, Nie=kamu, Niehou=Apa kabar?

 

 

Perjalanan menuju kota Hangzhou (2)

Jumat, 29 Agustus 2015
– Perjalanan dari Singapura ke Hangzhou
Mendarat di Singapura waktu menunjukkan pukul 23.30,karena ada beda waktu satu jam dengan jakarta . masuk bandara changi,  waw..  Beda banget dengan jakarta.  Bandara soekarno hatta cenderung crowd,  sedangkan Changi lebih futuristic,  semua lantai dilapisi karpet, untuk berpindah dari terminal satu menuju terminal lainnya anda bisa berjalan di terminal transit yang dibantu dengan eskalator atau tangga berjalan,  kalau anda capek dan malas anda bisa naik sky train yang berjalan otomatis tanpa supir. Keren.. Kan. Kalau anda capek berjalan setiap 100 meter disediakan air minum gratis, teguk langsung ke mulut dan juga toilet.  Budaya melayu masih kental di sini sehingga jika anda tak paham bahasa inggris untuk hari itu juga kalo ,  awak bisa cakap sini… Hampir satu jam berjalan mengikuti arah dari terminal 3 menuju terminal satu, tibalah saya di pintu keberangkatan C17 milik maskapai penerbangan Xiamen Airlines.  Waktu itu menunjukkan pukul 01.30. Pintu belum dibuka karena pesawat dijadwalkan berangkat pukul 02.30, sehingga direncanakan pukul 02.00 boarding dibuka. Saya pikir masih ada waktu satu jam lagi,  sambil menunggu saya berbaring di lantai yang empuk karena dilapisi karpet tebal. Kurang lebih setengah jam berbaring,  akhirnya pintu keberangkatan Xiamen Airlines dibuka.  Wah ternyata antrian panjang,  malas mengantri saya berjalan menuju koridor untuk mencari toilet.  Sayangnya, petugas cleaning services sedang bekerja sehingga saya harus mencari toilet lain.
Begitu masuk ruang tunggu,  satu persatu penumpang dipanggil untuk masuk pesawat
– Perjalanan dari Bandara Xiaoshan ke Huachen Holiday Hotel , Hangzhou.
Sebelum turun dari pesawat Xiamen Airlines, hati ini terus bertanya bagaimana kalau nanti sudah turun, siapakah yang menjemput? Pertanyaan itu terus menghantui pikiran, karena e-mail sebelumnya, yang dikirim dari bandara Singapura belum mendapat respon.  Bagaimana mau respon, sambungan data internet aja dimatikan,  kalau dihidupkan kena roaming internasional yang mahalnya 20x lipat sambungan data di Indonesia.  Kekhawatiran itu,  alhamdulillah tidak terbukti.  Setelah melewati pemeriksaan yang cukup ketat dari seorang polisi bandara, di pintu keluar saya melihat beberapa orang berdiri menunggu penumpang yang datang,  seorang perempuan tiba-tiba mengangkat kertas bertuliskan INBAR.  ya…  Langsung saja pandangan saya tertuju kepada tulisan tersebut dan mengatakan itu am anang.  Wanita itu tidak berkata melainkan menunjukkan isyarat agar saya segera keluar menuju kendaraan yang sudah disiapkan.  Sepanjang perjalanan tidak banyak obrolan dengan supir,  dan hanya sempat menanyakan nama siapa dan berapa jarak bandara ke kota Hangzhou.
Begitu sampai di hotel,  barang bawaan saya berupa tas trolley dan backpack langsung dimasukkan ke kamar.  Setelah itu, saya langsung diajak ikut kegiatan di botanical garden of Hangzhou.  Dalam hati bertanya kenapa nih koordinator ngga ngerti banget ama saya,  datang jauh,  capek, mungkin perlu makan,  perlu istirahat bukannya disuruh tenang dulu malah langsung disuruh jalan.  Ya sudah, dijalankan saja.  Ternyata  dalam perjalanan menuju botanical garden dari hotel Hangzhou, saya mengalami rasa tidak enak, mual,  terasa hendak muntah.  Saya fikir tidak mungkin ikut kegiatan dan harus istirahat.  Begitu sampai di pintu masuk botanical garden,  saya membeli minuman dan makanan kemudian izin kepada guide agar kembali ke hotel untuk istirahat sampai jam 2. Jin Wei koordinator program mengizinkan saya beristirahat dan langsung dipesankan kamar. Saya mendapatkan kamar di lantai 5 tepatnya nomer. 3350. Segera saja masuk ke dalam kamar,  bersih kan kaki.  Sebelum tidur saya menyempatkan diri melihat jam,  ternyata sudah jam 11, kalau di Indonesia sudah siap-siap melakukan shalat Jum`at,  ini di china  nggak terdengar suara adzan pun,  ya sudah istirahat lah sampai waktu menunjukkan 13.30.

Memahami Konsep Aquifier?

Air adalah salah satu sumber daya alam yang paling berharga. Setiap makhluk hidup di Bumi ini ditopang oleh air. Air terdapat diberbagai belahan bumi seperti lautan, sungai, danau, gletser dan awan. Air juga terdapat di bawah tanah sebagai air tanah jenuh batuan dasar dikenal sebagai aquifers. Diperkirakan bahwa Bumi berisi hampir 326 juta triliun galon air. Namun, hanya 2,8% dari total dunia pasokan air yang tersedia bagi manusia sebagai air segar. Dari air tawar yang tersedia, 98% dari itu terjadi dalam bentuk air tanah (1) Aquifier atau akifer adalah air bawah tanah yang terdapat pada lapisan batu permeabel atau pada bahan terkonsolidasi (kerikil, pasir, lumpur, atau tanah liat) dalam tanah yang dapat diekstraksi menggunakan air sumur. Kajian mengenai aliran air di aquifers dan karakterisasi aquifers disebut hidrogeologi. Aquitard, yang merupakan lapisan kedap air di sepanjang akifer, dan aquiclude (atau aquifuge), yang merupakan daerah padat kedap air yang mendasari suatu akifer. Permukaan jenuh materi dalam suatu akifer dikenal sebagai meja air.

Gambar 1.   Proses pembentukan dan siklus aquifier

Gambar 1. Proses pembentukan dan siklus aquifier

Akifer dapat terjadi pada berbagai kedalaman, yang lebih dekat dengan permukaan lebih cenderung dimanfaatkan untuk suplai air dan irigasi. Over eksploitasi dapat menyebabkan air lebih banyak disedot daripada yang dapat diisi kembali. Di sepanjang garis pantai negara-negara tertentu, seperti Libya dan Israel, pertumbuhan penduduk telah menyebabkan over-populasi yang telah menyebabkan penurunan permukaan air dan kontaminasi air tanah dengan air asin dari laut (saline intrusi). Pantai menyediakan model untuk membantu memvisualisasikan sebuah akifer. Jika lubang digali ke dalam pasir,ini akan  mewakili suatu akifer, dan tingkat air yang naik di lubang ini mewakili meja air.

Gambar 2. Tipikal penampang akifer

Gambar 2. Tipikal penampang akifer

Akifer jenuh biasanya terdapat di bawah permukaan tanah yang secara ekonomis layak untuk air sumur atau mata air (misalnya, pasir dan kerikil atau retak bedrock sering membuat bahan akifer yang baik). Aquitard adalah zona di dalam bumi yang membatasi aliran air bawah tanah dari satu akifer yang lain. Aquitards terdiri dari lapisan-lapisan tanah liat atau non-porous batu dengan konduktivitas hidrolik yang rendah. Di daerah pegunungan (atau dekat sungai-sungai di daerah pegunungan), sumber air utama biasanya terkonsolidasi Tanah mungkin terdapat di sungai bawah tanah (misalnya gua di mana air mengalir dengan bebas di bawah tanah). Hal ini dapat terjadi di daerah kapur terkikis yang dikenal sebagai topografi karst. Akifer memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kehidupan pemukiman manusia dan kegiatan pertanian. Akifer merupakan sumber yang mampu menyediakan air bawah tanah segar berkelanjutan ke daerah perkotaan dan juga bermanfaat untuk irigasi pertanian, yang biasanya dekat dengan permukaan tanah (dalam jarak beberapa ratus meter).

Aquifers dekat pantai memiliki lensa air tawar yang dekat dengan permukaan air laut dan padat di bawahnya. Air laut akan menyebar menembus akifer dalam dari samudra dan betuknya lebih padat daripada air tawar. Untuk akifer berpori (berpasir) di dekat pantai, ketebalan air tawar di atas air laut adalah sekitar 40 kaki (12 m) untuk setiap 1 ft (0,30 m) Jika terlalu banyak air tanah dipompa dekat pantai, maka air garam dapat mengganggu masuk ke dalam air tawar sehingga menimbulkan kontaminasi sumber air minum tawar. Banyak pantai akifer, seperti akifer di dekat Biscayne Miami dan New Jersey, memiliki masalah dengan intrusi air laut sebagai akibat dari overpumping (kelebihan kapasitas pengambilan air).
Aquifers di wilayah irigasi permukaan (semi) zona kering akan mengalami gangguan apabila dibarengi dengan penggunaan kembali air irigasi. Air irigasi akan meresap ke dalam tanah, dan hal ini akan menambah risiko terjadi salinasi akifer, karena air irigasi permukaan biasanya mengandung garam dalam urutan 0,5 g / l atau melebihi kebutuhan irigasi tahunan Di bawah pengaruh penguapan terus menerus, konsentrasi garam dari air akifer dapat meningkatkan secara terus-menerus dan akhirnya menimbulkan masalah lingkungan. Untuk kontrol salinitas dalam kasus seperti itu, setiap tahunnya jumlah air drainase dibuang melalui saluran yang aman.
The Great Artesian Basin yang terletak di Australia dapat dikatakan sebagai akifer air tanah terbesar di dunia (lebih dari 1,7 juta km ²). Lokasi ini memainkan bagian besar dalam memenuhi kebutuhan pasokan air untuk Queensland dan bagian terpencil Australia Selatan. Sumber air terbesar lainnya di dunia adalah guarani akifer, dengan luas 1,2 juta km ² meliputi daerah Brasil, Argentina, Paraguay dan Uruguay. Penipisan akifer merupakan masalah di beberapa daerah. Namun, metode baru pengelolaan air bawah tanah seperti pengisiaan ulang buatan dan injeksi air dari permukaan basah musiman selama periode tertentu telah memperpanjang banyak kehidupan aquifers air tawar, terutama di Amerika Serikat. (http://en.wikipedia.org/wiki/Aquifer_Storage_and_Recovery

  1. http://www.coj.net/Departments/Environmental+and+Compliance/Environmental+Quality/Wellhead+Protection/Ground+Water+Basic+Facts.ht.
  2. http://belmont.sd62.bc.ca/teacher/geology12/photos/erosion-water/aquifer.jpg
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/File:Aquifer_en.svg

Memahami Siklus Fosfor

Fosfor (P) merupakan salah satu nutrien (elemen kimia yang diperlukan untuk perkembangan, pemeliharaan, dan reproduksi dari organisme) yang dipergunakan secara terus-menerus oleh organisme. Fosfor memegang peranan penting dalam proses energetik, genetik, serta sebagai penyusun sistem hidup, karena merupakan unsur pembentuk ATP,  DNA, RNA, dan membran sel fosfolipid (Molles, 2005). Pergerakan, transformasi, dan penggunaan kembali fosfor atau siklus fosfor terutama terjadi pada lapisan litosfer, hidrosfer, dan biosfer.

Tidak seperti siklus nutrien lainnya, atmosfer tidak memegang peranan penting dalam siklus fosfor karena fosfor dan senyawa berbasis fosfor lainnya umumnya berbentuk padatan yang ditemukan pada kisaran suhu dan tekanan yang ada di permukaan bumi. Selain itu, siklus fosfor terjadi dalam laju yang paling lambat dibandingkan dengan siklus biogeokimia unsur lainnya.

Fosfor umumnya ditemukan dalam bentuk mineral kalsium fosfor yang lazim disebut  apatite. Apatite merupakan unsur pokok kebanyakan jenis batuan. Fosfor disimpan dalam tiga bentuk geologis yang berbeda, dengan masing-masing konsentrasi apatite yang bervariasi, yaitu sedimentary deposits, igneous deposits, dan guano. Sedimentary deposits merupakan sumber utama penghasil fosfor dunia yang terbentuk dari akumulasi apatite. Simpanan fosfor ini terbentuk di continental shelf (landas kontinen), continental slope (lereng), muara, atau tempat dimana tingkat produktivitas perairan tinggi yang diakibatkan
masukan materi organik dalam jumlah yang besar. Igneous deposits merupakan simpanan fosfor yang didapat dari batuan beku gunung berapi yang mengandung konsentrasi apatite tinggi. Sedangkan guano merupakan hasil ekskresi kelelawar dan burung. Guano lazim ditemukan melimpah pada gua yang berada di pulau tropis dan dieksploitasi dalam jumlah besar sebagai bahan utama pupuk (Kesler, 1994).
Sumber utama fosfor yang memasuki ekosistem adalah melalui peristiwa pelapukan batuan. Pelapukan batuan yang mengandung konsentrasi apatite terjadi ketika asam karbonik hasil respirasi organisme dilepaskan ke tanah melalui persamaan reaksi sebagai berikut :

Ca5(PO4)3 + 4H2CO3 à 5 Ca2+ + 3HPO42- + 4HCO3 + H2O

Hasil dari proses pelapukan adalah fosfat (senyawa yang mengandung atom fosfor dan beberapa atom oksigen), dengan bentuk yang dijumpai paling melimpah adalah orthofosfat. (Gambar 1). Fosfat biasa dijumpai dalam bentuk garam yang mengendap di sedimen lautan. Seiring dengan berjalannya waktu, proses geologis seperti pengangkatan dan pelapukan batuan dapat membawa fosfat ini ke daratan. Fosfat dalam tanah berfungsi sebagai nutrisi yang diserap tumbuhan, untuk diubah menjadi senyawa organik. Kemudian siklus fosfor berjalan sesuai dengan urutan pada rantai makanan, yakni dari tumbuhan dimakan oleh herbivora, dari herbivora dimakan oleh karnivora, karnivora dan sisa tumbuhan yang telah mati kemudian terdekomposisi, sehingga fosfat dikembalikan ke tanah. Selain dari proses dekomposisi ini, hasil ekskresi herbivora dan karnivora yang mengandung fosfor juga dikembalikan ke tanah. Air larian dapat membawa fosfat pada tanah kembali ke lautan dan kembali membentuk batuan (Campbell, et al., 2003).

Siklus Fosfor

Gambar 1. Siklus Fosfor di alam

Membuat hidroponik di botol

  1. Pertama-tama siapkan botol plastik minuman berukuran 1 liter. Selanjutnya potong botol tersebut menjadi dua bagian sama besar. Setelah botol plastik terbelah dua, ambilah kapas secukupnya dan sumpal kapas tersebut pada mulut botol sebagai botol pertama dan sisanya sebagai botol kedua. Kapas tadi berguna untuk menyerap air yang dibutuhkan tanaman melalui media tanam yang nanti dimasukkan ke dalam botol pertama.
  2. Media tanam yang dipakai sebaiknya kompos, bisa diperoleh dari penyedia tanaman atau membikin sendiri. Bila media tanam sudah tersedia, masukkan media tanam tersebut secara hati-hati ke dalam botol pertama, tapi jangan sampai penuh.
  3. Selanjutnya pada  botol kedua dapat digunakan untuk memasukkan air ke dalamnya. Tidak perlu banyak cukup sampai seperempat tinggi botol. Jangan lupa memasukkan botol pertama ke dalam botol kedua.
  4. Bila sudah siap, maka kita dapat memasukkan beragam benih sayuran seperti cabai atau lainnya. Untuk satu botol hidroponik cukup dipelihara satu tanaman saja supaya tidak terjadi kompetisi makanan.
  5. Setelah selesai ditanam,  botol hidroponik tersebut ditaruh di tempat sejuk seperti di teras rumah atau di halaman belakang. Tidak perlu menyiramnya karena media tetap akan basah berkat kapas yang menghisap air. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai air di botol kedua habis.
  6. Selamat mencoba…

Sumber dari sini

Khasiat daun bambu ternyata bisa mengobati asam urat!

Saat ini penderita asam urat tak melulu usia manula, tetapi cenderung diderita pada kelompok usia produktif antara 30-50 tahun. Prevalensi asam urat di Amerika Serikat bahkan dilaporkan meningkat dua kali lipat. Pun prevalensi penderita asam urat tertinggi di Indonesia terdapat di pesisir. Hasilnya paling tinggi berada di Manado Sulawesi Utara sebesar 29,2 % pada 2003. Hal itu terjadi lantaran kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol. Alkohol dapat menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah.

Agar terbebas dari asam urat pasien biasanya dianjurkan mengkonsumsi obat pereda sakit, antipembengkakan, dan penurun kadar asam urat darah. Untuk mengurangi sakit dan bengkak, pasien diberi obat berbahan aktif kolkisin, indometasin, fenilbutason, dan kortikosteroid. Pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat ditempuh dengan 2 cara: mencegah pembentukan atau mempercepat ekskresi asam urat. Obat pencegah terbentuknya asam urat biasanya golongan alopurinol. Sedangkan golongan probenesid, sulfonipirazon, azapropazon, dan benebronaron berperan mempercepat ekskresi asam urat.

Sejatinya tingginya kadar asam urat dalam darah disebabkan sintesis asam urat berlebih, sedangkan ekskresi di ginjal sedikit. Asam urat berlebih itu berpadu dengan natrium membentuk kristal natrium urat pada jaringan lunak persendian dan terbentuk endapan yang disebut topus. Dampaknya terjadi peradangan alias arthritis gout yang akut dengan penanda rasa nyeri di persendian seperti pada lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan tangan.

Menurut Sinse Mochammad Yusuf, ahli pengobatan Tiongkok di Sukabumi, Jawa Barat, daun bambu yang bagus dipakai adalah daun muda. Daun bambu itu dijemur hingga kering agar getahnya hilang. “Sebelum direbus, gesek-gesekkan antar daun bambu untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang gatal,” kata Yusuf. Berikutnya rebus segenggam daun bambu atau setara 9-15 g dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas dan diminum 2 kali.

Yusuf menuturkan daun bambu berefek diuretik sehingga mempercepat ekskresi asam urat dari ginjal. Kadar asam urat juga turun lantaran daun bambu kaya flavon. Flavon salah satu kelas dari flavonoid. Selain sebagai salah satu sumber antioksidan, flavon juga berperan menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

Sumber dari sini ya!