Ekotoksikologi

  1. Pengertian dan tujuan ekotoksikologi

Ekotoksikologi adalah studi tentang efek bahan kimia beracun pada organisme, terutama pada tingkat populasi , komunitas dan ekosistem serta biosfer. Ekotoksikologi adalah bidang multidisiplin, yang mengintegrasikan toksikologi dan ekologi. Tujuan akhir ekotoksikologi adalah : 1) untuk mengungkapkan dan memprediksi pengaruh pencemaran dalam semua tingkat paparan ekologi (populasi , komunitas dan ekosistem serta biosfer).

Berdasarkan pengetahuan ini, tindakan yang paling efisien dan efektif untuk mencegah atau memulihkan setiap efek yang merugikan adalah : 1) identifikasi, 2) klasifikasi, 3) analisis data dan 4) pilihan tindakan untuk memulihkan layanan , struktur, dan fungsi ekosistem secara efisien dan efektif.

Ekotoksikologi berbeda dari toksikologi lingkungan karena ia mengintegrasikan efek stres di semua tingkat organisasi biologis dari molekuler hingga seluruh komunitas dan ekosistem, sedangkan toksikologi lingkungan mencakup toksisitas bagi manusia dan sering kali berfokus pada efek pada tingkat organisme dan di bawahnya. [1]