anangkadarsah.id

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu Ilmu yang bermanfaat, Rezeki yang baik, dan Amalan yang diterima. Aamiin.

Nilai Biodiversitas

Keanekaragaman hayati memiliki nilai fundamental bagi manusia karena kita sangat bergantung padanya untuk kesejahteraan budaya, ekonomi, dan lingkungan kita. Beberapa berpendapat bahwa itu adalah tanggung jawab moral kita untuk melestarikan keanekaragaman yang luar biasa di Bumi untuk generasi berikutnya. Yang lain hanya senang mengetahui bahwa keanekaragaman alam itu ada dan bahwa kesempatan untuk memanfaatkannya nanti, jika perlu, aman. Ilmuwan menghargai keanekaragaman hayati karena memberikan petunjuk tentang sistem alam yang masih kita coba pahami. Bisa dibilang, nilai terbesar bagi manusia, bagaimanapun, berasal dari ?jasa ekosistem? itu menyediakan.

Keanekaragaman hayati membentuk tulang punggung ekosistem yang layak tempat kita bergantung untuk kebutuhan dasar, keamanan, dan kesehatan. Dengan memecah materi tumbuhan dan hewan, misalnya, serangga dan invertebrata lainnya membuat nutrisi tersedia bagi tumbuhan dan merupakan bagian integral dari siklus karbon dan nitrogen. Spesies lain menyerbuki tanaman, layanan penting bagi petani. Ekosistem yang sehat dapat mengurangi atau mencegah banjir, erosi, dan bencana alam lainnya. Jasa ekosistem ini juga berperan dalam berfungsinya iklim kita dan baik dalam kualitas udara maupun air.

Elemen keanekaragaman hayati dapat berkontribusi pada identitas budaya, dan banyak karakteristik ekosistem sering dimasukkan ke dalam tradisi budaya. Misalnya, dalam cerita rakyat, hewan lokal digunakan untuk melambangkan nilai-nilai kemasyarakatan atau untuk menjelaskan kejadian yang tidak biasa. Budaya adat terkadang mengakui nilai keanekaragaman hayati dalam tradisi agama berdasarkan penghormatan terhadap Bumi. Kedekatan dengan alam juga telah terbukti meningkatkan kesejahteraan emosional dan spiritual. Mengikuti garis itu, banyak yang hanya percaya bahwa ada nilai besar dalam keindahan keanekaragaman alam.

Aspek lain dari kesejahteraan manusia, seperti kesehatan dan keamanan ekonomi dan politik, dapat mempengaruhi nilai keanekaragaman hayati. Banyak argumen untuk meningkatkan upaya pelestarian keragaman seringkali menekankan nilai dari “kekayaan yang belum ditambang” yang belum ditemukan. Ini termasuk potensi sumber makanan baru, obat-obatan, dan energi yang dapat mendorong kegiatan ekonomi lebih lanjut, serta penduduk yang lebih sehat. Keanekaragaman hayati telah terbukti memiliki nilai yang sangat besar ketika diadaptasi untuk digunakan dalam aplikasi kesehatan, pertanian, atau industri. Di bidang kedokteran saja, sekitar 50% dari obat resep saat ini berasal dari atau dimodelkan pada bahan alami. Kesehatan dan keanekaragaman ekosistem dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap stabilitas keseluruhan komunitas di sekitarnya.

Pustaka

https://enviroliteracy.org/ecosystems/value-of-biodiversity/

%d blogger menyukai ini: